Hasil Tes Kamera Redmi 8: Kameranya Apik!

Telset.id – Setelah menampilkan hasil benchmark, kali ini kami akan menampilkan hasil tes kamera Redmi 8. Smartphone di kategori paling terjangkau ini diklaim memiliki kamera yang apik. Untuk itu, kita akan mengujinya dalam tes kamera.

Redmi 8 sendiri memiliki kamera utama dengan sensor 12MP F/1.8 yang juga diperkuat dengan depth sensor 2 MP. Sedangkan untuk kamera selfienya, Redmi 8 dibekali dengan sensor kamera 8MP. Beragam fitur kamera yang ditawarkan di Redmi 8 antara lain yaitu AI Scene Recognition, AI Beauty, dan Potrait Mode.

Buat kalian yang penasaran dengan hasil kamera dari smartphone Xiaomi Redmi 8, langsung saja simak ulasan kami berikut ini.

Kamera Utama

Detail gambar bagus pada kamera Redmi 8 sudah cukup mumpuni, mengingat smartphone ini hanya dibanderol dengan harga Rp. 1,7 juta. Gambar terlihat memiliki detail yang sangat baik, terutama saat berada di kondisi terang.

Meskipun hanya menggunakan sensor 12MP, namun aperture yang cukup besar yaitu F/1.8, memungkinkan perangkat menangkap cahaya dengan baik. Di kondisi minim cahaya pun, noise yang terlihat juga tidak terlalu tinggi.

Sayangnya untuk kecepatan fokus saat memotret pada jarak dekat masih terbilang agak lamban. Jadi pengguna harus lebih cermat saat mengabadikan foto dengan jarak dekat. Seperti misalnya saat memotret bunga, untuk mendapatkan kualitas yang baik pastikan fokus kamera sudah pas sebelum memotret. Setelah itu tunggu sampai kamera menyimpan gambar dengan sempurna.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Xiaomi Terbaru}

Foto Kamera Utama Redmi 8 (Fokus)

Untuk kualitas warna, Redmi 8 sudah menunjukan kualitas warna pada foto dengan sangat baik. Seperti pada foto dibawah ini, gambar terlihat memiliki warna yang tajam dan tetap terlihat natural. Dibandingkan dengan perangkat lain dikelasnya, biasanya masih memiliki warna yang cenderung pudar.

Sementara hal tersebut tidak terlihat pada perangkat Redmi 8. Keseimbangan warnanya juga cukup terjaga, tidak terkesan kekuning-kuningan, kehijau-kehijauan atau kebiru-biruan.

Foto Kamera Utama Redmi 8 (Warna)

Adanya fitur AI recognition yang bekerja dengan sangat baik, membuat hasil foto menjadi lebih hidup. Pencahayaan, warna dan kontras foto juga disesuaikan dengan objek foto yang diambil. Seperti saat kita mengabadikan foto tanaman, hewan makanan dan lain sebagainya.

Jika melihat hasil foto dari Redmi 8, kebanyakan terlihat memiliki kontras yang tinggi. Kelebihannya, ini akan membuat foto terlihat lebih hidup dan tajam. Namun disisi lain, area gelap seringnya menjadi kekurangan detail.

Namun hal itu cukup diatasi dengan hadirnya fitur HDR. Dengan mengaktifkan fitur HDR, area Shadows dan Highlight dapat disesuaikan secara otomatis, sehingga hasil foto terlihat lebih optimal. Apalagi saat berada di kondisi backlight, HDR akan sangat berguna. HDR di Redmi 8 juga bekerja dengan sangat responsive, saat mendeteksi keadaan backlight HDR langsung aktif dengan cepat.

Redmi 8 juga dibekali dengan kamera 2MP yang membantu saat mengabadikan foto dengan mode portrait. Memang, resolusi yang digunakan tidak terlalu besar, lagi-lagi hanya 2MP. Tapi rupanya kamera “penolong” untuk mengukur kedalaman saat memoto ini bekerja dengan cukup baik.

Tracing fokus dan blur pada mode portrait terbilang sangat memuaskan. Tidak ada bagian yang menjadi terlihat aneh antara area fokus dan blur. Sejak kemunculan produk Xiaomi Mi A1, Xiaomi memang selalu berhasil memberikan kualitas mode portrait yang sangat memuaskan di setiap produk mereka.

{Baca juga: Redmi 8 vs Redmi 8A: Duo Low-end Menarik di Penghujung Tahun }

Kamera selfie

Beralih ke kamera selfie, dimana pada bagian depan Redmi 8 disematakan kamera selfie dengan sensor 8MP. Tidak begitu besar memang tapi ukuran megapiksel saja tidak cukup untuk mengukur kualitas kamera sebuah smartphone.

Dan rupanya kamera selfie Redmi 8 juga tergolong baik untuk kelas harga yang ditawarkan. Memiliki aperture F/2.0,  kamera selfie Redmi 8 memberikan detail gambar cukup bagus. Dapat anda lihat di beberapa foto selfie menggunakan kamera depan Redmi 8 berikut ini.


Kualitas kamera tentu saja akan sangat maksimal saat berada di luar ruangan. Namun saat digunakan di di dalam ruangan dengan pencahayaan yang minim pun, Redmi 8 masih tetap dapat mengabadikan foto dengan baik.

Kamera selfie Redmi 8 juga tak kalah responsivenya saat mendeteksi keadaan backlight. HDR yang dijalankan secara auto, akan membuat wajah tetap terlihat terang. Selfie menggunakan Redmi 8 tak perlu lagi khawatir foto berubah jadi siluet.

Level blur pada mode Potrait di kamera selfie Redmi 8 bisa dibilang agak terlalu tinggi. Sayangnya tidak dapat diatur tingkat blur. Namun untuk tracing area fokus dan blur sudah sangat baik.

Jarang, smartphone di kelas harga Rp 1 jutaan yang memiliki kemampuan foto portrait atau bokeh yang rapih apalagi untuk kamera depan yang hanya menggunakan single camera.

{Baca juga: Resmi! Redmi 8 dan Redmi 8A Ramaikan Segmen Entry Level}

Jadi, secara keseluruhan dari pengujian kamera Redmi 8, bisa kita simpulkan kalau Redmi 8 ini punya kamera yang cukup apik. Tidak muluk-muluk mengejar jumlah sensor kamera, cukup dua sensor untuk kamera utama dan single kamera di depan, tapi hasilnya benar-benar bisa diandalkan.

Sekedar untuk kebutuhan dokumentasi standar atau untuk keperluan upload sosmed, Redmi 8 rasanya sudah cukup menjawab kebutuhan tersebut. Kualitas foto dari Redmi 8 cukup bisa dibilang sebagai terbaik untuk kelas harganya saat ini.

Redmi 8 sendiri dibanderol dengan harga Rp. 1.699.000 untuk varian paling terjangkau yaitu varian RAM 32GB dan Storage 32 GB. Bagaimana sob? tertarik untuk meminang smartphone yang satu ini? [IR/HBS]

View Comments

  • mas jgn menyebarkan info yg menyesatkan. td disebut hasil foto Redmi 8 sangat baik. pada kenyataannya hasil fotonya BUSUK..!!!