Mirip Terminator! Militer AS Bakal Punya Tentara Cyborg

Telset.id, Jakarta  – Selama ini kita hanya membayangkan prajurit super di film fiksi ilmiah, seperti Terminator. Kini tak lama lagi semua itu bakal jadi kenyataan. Militer AS akan mengubah semua prajuritnya menjadi human machine alias manusia super siap tempur berwujud tentara cyborg.

Menurut laporan Dailymail, seperti dikutip Telset.id, Minggu (1/12/2019), militer Amerika Serikat bakal meningkatkan kemampuan indera seluruh tentara, termasuk memperkuat fisik. Caranya dengan menghubungkan otak mereka ke komputer.

{Baca juga: Militer Amerika Siap Pakai Senjata AI untuk Kalahkan Musuh}

Para “tentara cyborg” bak di film Terminator tersebut digadang bisa dioperasikan mulai tahun 2050 mendatang. Otak para prajurit AS akan ditransfer ke komputer sehingga memberi kemampuan untuk mengendalikan kendaraan tanpa pengemudi serta fungsi yang lebih terbatas.

Pasukan masa depan AS ini dapat terdiri dari setengah mesin setengah manusia atau biasa disebut cyborg. Pasukan ini dilengkapi kemampuan penglihatan dengan teknologi inframerah, pendengaran ultrasonik dan kekuatan super, serta dilengkapi dengan senjata yang dikendalikan pikiran.

Dalam sebuah laporan Angkatan Darat AS, para ahli dari Devcom (The Combat Capabilities Development Command) – Komando Pengembangan Kemampuan Tempur – menguraikan sejumlah kemungkinan teknologi masa depan yang dapat digunakan untuk meningkatkan tentara di medan perang pada tahun 2050.

Ini termasuk anggota tubuh yang disempurnakan untuk meningkatkan kekuatan, mata yang memberikan penglihatan inframerah dan ultraviolet, dan perangkat audio yang memberikan pendengaran ultra dan subsonik.

{Baca juga: Hadapi Rusia, Amerika Bentuk Pasukan Perang Dunia Maya}

Tentara cyborgStudi ini menggambarkan bagaimana desain masa depan seorang prajurit cyborg, yang mungkin dilakukan pada tahun 2050.

Mereka meneliti perubahan pada mata, telinga, otak dan sistem otot melalui empat ‘studi kasus’ yang meneliti berbagai teknologi yang dapat dikembangkan dan apa dampaknya pada masyarakat dan peperangan.

Sebelumnya, militer AS juga ketahuan akan menanamkan sistem operasi ke senjata api. Angkatan Darat AS mengajukan tawaran untuk solusi medan perang berteknologi tinggi guna menciptakan senapan masa depan yang dipakai prajurit.

Satu perusahaan yang menjalin kontrak dengan departemen pertahanan AS kabarnya sedang mengerjakan sistem operasi yang dapat disematkan ke dalam pistol. Di dalamnya bakal tersedia aplikasi penegakan hukum dan sipil demi keamanan senjata.

{Baca juga: Tentara Amerika Tanamkan Sistem Operasi ke Senjata Api}

“Anda bisa menjalankan beberapa fungsi dengan menempelkan iPhone ke pistol. Apa yang kami tawarkan adalah sistem operasi tertanam pertama di dunia,“ kata Melvic Smith, bos Dimensional Weapons Systems, seperti dilansir Reuters.

Sistem itu dapat menambahkan sejumlah aplikasi, termasuk teknologi Smart Gun  yang memungkinkan senjata untuk ditembakkan oleh penembak yang ditunjuk. Smart Gun dapat mencegah anak-anak menembak secara tidak sengaja. [SN/HBS]

Sumber: Dailymail

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI