Desak Bebaskan Bos Huawei, Dubes China Minta Kanada “Insaf”

Telset.id, Jakarta  – Duta besar baru China untuk Kanada mengunjungi bos Huawei Meng Wanzhou yang ditahan dan kini berjuang untuk menolak diekstradisi ke Amerika Serikat (AS). Dubes China mendesak Ottawa untuk membebaskannya.

Hubungan antara Kanada dan China berubah dingin setahun lalu setelah polisi Vancouver menahan Kepala Keuangan Huawei, Meng Wanzhou, dengan surat perintah penangkapan AS. Meng kini bebas dengan jaminan.

{Baca juga: Bos Huawei Disidang dengan Kaki Diikat Alat Pemantau}

Meng menunggu sidang di pengadilan yang akan dimulai pada tahun depan. Dubes China Cong Peiwu, yang menjabat pada awal bulan ini, menyampaikan salam hangatnya kepada Meng. Ia berjanji membebaskan Meng.

Seperti dikutip Telset.id dari Reuters, Minggu (1/12/2019), Cong mengatakan bahwa Beijing akan terus mendesak Ottawa untuk memperbaiki kesalahan terkait penahanan terhadap Meng dan segera membebaskannya.

“Hampir 1,4 miliar orang China adalah pendukung setia Anda. Kami berharap Anda kembali ke China dengan selamat dan sehat pada tanggal yang lebih awal,” kata Cong kepada Meng, seperti yang disampaikan ke media.

Tak lama setelah penangkapan Meng, China menahan dua warga Kanada yang kini menghadapi dakwaan keamanan negara. Kantor Menteri Luar Negeri Kanada, Francois-Philippe Champagne, tidak mau berkomentar.

{Baca juga: Buntut Penangkapan Bos Huawei, China Penjarakan 13 Warga Kanada}

Belum lama ini, pengacara Huawei Technologies Co Ltd secara tegas meminta kepada pengadilan tinggi Kanada untuk segera melanjutkan proses peradilan. Ia mendesak otoritas Kanada segera mengekstradisi Meng ke AS.

Seperti diketahui sebelumnya, bahwa otoritas Kanada menangkap Meng Wanzhou, Chief Financial Officer Huawei Technologies Co Ltd, di Vancouver pada 1 Desember 2018 lalu. Penangkapan dilakukan karena permintaan Amerika Serikat (AS) atas dugaan pidana terkait pelanggaran sanksi Iran.

Meng kemudian dibebaskan oleh otoritas Kanada usai membayar jaminan. Kendati begitu, persidangan ekstradisi terhadapnya masih akan berlanjut. Sejumlah pengamat pun yakin, penahanan Kovrig merupakan aksi balasan atas penangkapan Meng yang terancam diekstradisi ke AS.

{Baca juga: Waduh, China Ancam Kanada Gara-gara Penangkapan CFO Huawei}

Dengan didukung AS dan sejumlah negara Eropa, Menteri Luar Negeri Kanada, Chrystia Freeland, telah berulang kali menyerukan tentang pembebasan Kovrig dan Spavor. Pemerintah Kanada bahkan menegaskan bahwa penangkapan terhadap keduanya merupakan tindakan sewenang-wenang. [SN/HBS]

Sumber: Reuters

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI