Tambah Proteksi, Browser Firefox Diklaim Lebih Aman

Telset.id, Jakarta – Selain memperkenalkan fitur baru di Firefox Lite, Mozilla juga memperkenalkan browser Firefox terbaru, Rabu (27/11/2019). Pada versi terbaru, browser ini diklaim menawarkan keamanan dan perlindungan lebih pada penggunanya.

Mozilla menanamkan sebuah fitur bernama Enhanced Tracking Protection (ETP). Fitur ini berguna untuk memperkuat keamanan dan privasi pengguna dari pencurian serta penyalahgunaan data. Menurut perusahaan, fitur ini yang menjadi pembeda antara Firefox dan browser lainnya.

{Baca juga: Mozilla Imbau Pengguna Update Firefox, Ini Alasannya!}

Pada versi baru ini, pengguna dapat melihat bagaimana ETP bekerja. Seperti memberikan laporan Firefox Privacy Protections, yang memungkinkan pengguna untuk mengawasi apakah ada aktivitas tak lazim saat mereka mengunjungi situs tertentu.

Berdasarkan data dari Mozilla, dengan adanya fitur ETP, Firefox telah berhasil memblokir lebih dari 400 miliar aktivitas pelacakan dengan 10 miliar lebih yang diblokir setiap harinya. Untuk pengguna di Indonesia tercata memiliki 197 pelacak yang terblokir per hari.

Untuk memaksimalkan kinerjanya, Mozilla menambahkan beberapa fitur yang diklaim sesuai dengan kebutuhan akan keamanan dan privasi penggunanya. Berikut ini beberapa fitur keamanan baru di browser Firefox:

Mengetahui jumlah cookies yang diblokir

Fitur ETP mencegah cookies pelacak pihak ketiga untuk membuat profil online berdasarkan aktivitas online pengguna. Kini pengguna dapat melihat jumlah pelacak antar situs dan media sosial, fingerprints dan cryptominers yang telah diblokir oleh Firefox Browser.

Mengetahui kebocoran data dengan Firefox Monitor

Pengguna juga dapat melihat ringkasan jumlah password tidak aman yang berpotensi menyebabkan kebocoran data, sehingga pengguna dapat memperbarui dan mengganti password.

Manajemen Password di Firefox Lockwise

Pengguna dapat melihat jumlah password yang tersimpan di Firefox Lockwise. Tak hanya itu saja, pengguna juga akan dapat memantau dan mengatur jumlah perangkat yang terhubung dan telah masuk dengan password pengguna.

Selain menghadirkan pembaruan untuk browser Firefox, Mozilla juga merilis tiga fitur baru yang dapat dinikmati pengguna Firefox Lite.

Mozilla mencoba menawarkan pengalaman browsing baru di mesin perambannya. Browser untuk perangkat mobile ini kini dilengkapi dengan penawaran belanja, berita-berita terbaru, dan games yang bisa dimainkan pengguna.

{Baca juga: Mozilla Perkenalkan 3 Fitur Baru di Firefox Lite}

“Dengan popularitas mobile gaming, online shopping, dan konsumsi berita yang tinggi di Indonesia, kami senang dapat memperkenalkan platform mobile browser kami untuk memenuhi kebutuhan pengguna,” ujar Stefan Leong, VP and General Manager of Emerging Markets, Mozilla.

Meski dijejali dengan beragam fitur baru, peramban ini tetap memiliki ukuran aplikasi yang terbilang ringan, hanya 5MB. Browser ini juga telah dilengkapi Advanced Private Browsing yang memungkinkannya mencegah iklan dan situs-situs yang melacak data pengguna. (HLM/HBS)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Siap-siap, Iklan di YouTube Bakal Semakin Mengganggu

Telset.id, Jakarta  - Kabar menyebut bahwa iklan di YouTube bakal semakin mengganggu. YouTube mengatakan bahwa iklan jenis paruh putar...

Pakai Facial Recognition, Polisi Malah Salah Tangkap

Telset.id, Jakarta  - Gara-gara sistem pengenalan wajah atau facial recognition, polisi lagi-lagi melakukan salah tangkap. Polisi keliru mencokok pelaku...

7 Tips Merawat Earphone Agar Tetap Awet dan Bersih

Telset.id, Jakarta - Earphone merupakan perangkat pendukung bagi pengguna smartphone. Untuk itu earphone harus dirawat dengan baik supaya tetap...

Permintaan PC dan Laptop Meningkat Selama Covid-19

Telset.id, Jakarta - Covid-19 membuat orang terpaksa harus bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH). Hal ini secara...

China Gunakan AI untuk Pantau Perilaku Pekerja Konstruksi

Telset.id, Jakarta - Institute of Automation di Beijing, China mengembangkan teknologi Artificial Intelligence (AI) untuk memantau perilaku pekerja konstruksi...
- Advertisement -