12 Aplikasi Dokter Online Terbaik 2022, Bisa Konsultasi Kesehatan Gratis!

REKOMENDASI
ARTIKEL TERKAIT

Telset.id – Di era milenial ini, hampir segalanya serba pakai aplikasi, termasuk aplikasi konsultasi dokter online gratis. Kini, Anda hanya tinggal menggunakan aplikasi dokter online dari smartphone dan bisa chat lewat aplikasi cek dokter untuk mendapat konsultasi gejala penyakit.

Jadi, untuk diagnosa awal, mereka tidak perlu bergegas pergi ke klinik atau rumah sakit. Tinggal mengandalkan smartphone, masyarakat bisa langsung berkonsultasi dengan dokter professional dan terpercaya.

Nah, saat ini sudah banyak hadir aplikasi smartphone yang memudahkan pengguna untuk konsultasi online dengan dokter.

Baca juga: Halodoc Kerjasama BPJS Kembangkan Layanan Kesehatan Digital

Oleh sebab itu, tim Telset akan merangkum 10 aplikasi dokter yang bisa Anda manfaatkan untuk berkonsultasi dengan dokter profesional. Ada apa saja? Simak daftar aplikasi chat dokter gratis berikut ini:

1. Halodoc

konsultasi dokter online gratis halodoc

Halodoc menjadi salah satu aplikasi untuk berkonsultasi dengan dokter secara online. Melalui aplikasi ini, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter-dokter berlisensi di Indonesia.

Konsultasi tersedia selama 24 jam. Anda dapat berkonsultasi melalui chat dokter online. Setelah berkonsultasi, dokter terkait juga bisa memberikan resep obat yang sesuai dengan diagnosa penyakit yang dikeluhkan.

Nantinya, resep tersebut bisa dilihat oleh Anda, dan Anda pun bisa membeli obat yang disediakan. Lalu, obat akan langsung dikirimkan ke rumah.

Halodoc juga menyediakan layanan pengujian lab. Hasil lab ini nantinya akan dikirimkan langsung via notifikasi ke smartphone.

Download: Android | iOS

2. YesDok

konsultasi dokter online gratis Yesdok

YesDok menawarkan kemudahan untuk mendapatkan layanan konsultasi dokter secara online dengan cepat, mudah, dan bisa diandalkan. Aplikasi ini juga telah bekerja sama dengan mitra dokter yang terdaftar di Konsil Kedokteran Indonesia

Melalui aplikasi YesDok, Anda bisa melakukan konsultasi dengan dokter pilihan melalui berbagai cara, bisa via chat, telepon, sampai video call selama 24 jam. YesDok juga menjadi satu-satunya aplikasi cek dokter yang menyediakan video call dengan dokter 24 jam.

Setelah konsultasi, Anda akan mendapatkan resep obat. YesDok juga menyediakan layanan pengiriman obat ke rumah Anda.

Menariknya, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter secara gratis. Caranya adalah, cukup dengan membaca artikel kesehatan yang tersedia di YesDok, maka Anda akan mendapatkan poin yang nantinya dapat ditukarkan dengan free konsultasi. Asyik, bukan?!

Download: Android | iOS

3. KlikDokter

konsultasi dokter online gratis

Sebelum melayani via aplikasi, Klikdokter telah hadir dalam bentuk website sejak tahun 2008. Seiring kemajuan teknologi, aplikasi ini mengembangkan layanannya untuk menghadirkan konsultasi online.

Anda bisa berkonsultasi dengan dokter-dokter yang siap sedia 24 jam melalui fitur live chat. KlikDokter juga menyediakan fitur Topic Chat yang berisi beragam topik kesehatan berbeda setiap harinya.

Baca juga: Aplikasi Kesehatan Ini Ungkap Takaran Ideal Minum Kopi

Terdapat banyak artikel soal topik kesehatan yang disediakan dalam aplikasi. Artikel ini bisa dibilang valid, karena ditulis langsung oleh dokter ahli di bidangnya.

Ada sejumlah fitur andalan di dalamnya. Salah satu di antaranya adalah fitur berupa kalender kesuburan yang ditujukan guna memprediksi tanggal subur. Ada juga kalender kehamilan yang dapat membantu para ibu dalam mengetahui perkembangan janin dan lain sebagainya.

Download: Android | iOS

4. Alodokter

Aplikasi Dokter

Aplikasi satu ini cukup menarik, sebab Alodokter mendapatkan label “Editors’ Choice” dari Google Play Store. Alodokter menyediakan layanan konsultasi dokter online 24 jam gratis dan memberikan diagnosa penyakit serta cara penanganan awalnya.

Mitra dokter yang tersedia untuk konsultasi di layanan Alodokter merupakan dokter yang sudah tersertifikasi dan merupakan anggota dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Alodokter juga menyediakan beragam artikel yang membahas topik terkait kesehatan. Tak lupa, terdapat layanan perlindungan kesehatan yang disebut Proteksi Alodokter.

Download: Android | iOS

5. Go-Dok

Aplikasi Dokter

Go-Dok menjadi salah satu layanan yang bisa Anda andalkan untuk konsultasi online dengan dokter. Selain itu, aplikasi konsultasi dokter online gratis tersebut juga menyajikan beragam informasi terkait kesehatan yang bisa diakses dengan cepat, mudah, dan terpercaya.

Melalui fitur aplikasi Tanya Dokter, Anda dapat berkonsultasi dengan terkait berbagai masalah kesehatan. Dokter yang bertugas di aplikasi pun merupakan dokter yang telah terdaftar di IDI.

Yang menarik, Anda bisa memilih dokter favorit melalui fitur Pilih Dokter. Lalu, terdapat beragam artikel dan video yang membahas mengenai dunia medis, penyakit, obat-obatan, tips kesehatan, gaya hidup, serta parenting dan keluarga.

Download: Android

6. SehatPedia

Aplikasi dokter

Aplikasi dokter berikutnya yang bisa Anda coba ada SehatPedia. Sesuai Namanya, aplikasi buatan Ditjen Pelayanan Kesehatan, Kemkes ini memberikan layanan konsultasi kepada dokter, dimana Anda bisa mendapatkan berbagai informasi kesehatan, penyakit, dan informasi fasilitas pelayanan kesehatan secara tepat dan gratis.

Cara menggunakan aplikasi konsultasi dokter gratis ini sangat mudah. Pertama, Anda diminta untuk melakukan registrasi terlebih dahulu. Jika sudah, Anda bisa langsung memanfaatkan layanan konsultasi kesehatan lewat live chat atau percakapan langsung dengan dokter yang diinginkan, baik dokter umum atau spesialis.

Download: Android

7. PakDok

Aplikasi Dokter

Pakdok adalah layanan “dokter virtual” yang memberikan layanan konsultasi kesehatan maupun rujukan dalam 24 jam non-stop lewat aplikasi secara gratis. Dokter-dokter yang memberika pelayanan di aplikasi PakDok sudah memiliki Surat Ijin Praktek dari Dinas Kesehatan Pemerintah Daerah.

Aplikasi dokter ini juga menyediakan informasi medis terpercaya, data rekam medis elektronik melalui hasil konsutasi online, hasil kunjungan ke fasilitas klinik, maupun data medis yang Anda unggah secara mandiri.

Download: Android | iOS

8. SehatQ

Aplikasi Dokter

Aplikasi dokter berikutnya adalah SehatQ, yang menawarkan beragam layanan informasi kesehatan. Ada dua fitur yang paling populer dan menjadi favorit pengguna, yakni fitur Booking Dokter dan Chat Dokter.

Aplikasi Kesehatan ini juga memiliki database nama penyakit beserta obatnya. Anda juga bisa mengikuti forum kesehatan untuk melakukan tanya jawab. Selain itu Anda juga bisa mendapatkan informasi layanan kesehatan terdekat, karena aplikasi ini akan memberikan rekomendasinya.

Download: Android

9. ProSehat

Aplikasi Dokter

ProSehat merupakan aplikasi dokter online yang tidak hanya memberikan jasa konsultasi saja, tapi juga memanggil dokter ke rumah dengan mudah dan cepat. Saat ini area layanan mencakup wilayah Jakarta Tangerang, Serpong, Depok, Bekasi, Bogor dan lainnya.

Tak hanya itu, lewat aplikasi dokter online ini juga bisa memanggil fisioterapi ke rumah, pembelian makanan sehat, alat kesehatan, multivitamin, hingga jamu herbal dan sebagainya.

Download: Android

10. Pulse

Aplikasi dokter

Pulse merupakan aplikasi kesehatan online berbasis AI yang menawarkan pengelolaan kesehatan secara holistik. Misalnya fitur Periksa Gejala Penyakit. Fitur tersebut berupa layanan obrolan atau chat yang menganalisis input awal pengguna dan menanyakan pertanyaan kepada mereka.

Baca juga: Prudential Kenalkan “Pulse”, Aplikasi Kesehatan Berbasis AI

Didukung oleh teknologi AI fitur tersebut akan memandu akan memandu pengguna menuju layanan kesehatan yang sesuai berdasarkan gejala penyakit dan menawarkan informasi lebih lanjut mengenai penyebabnya.

Fitur lainnya yang ada di aplikasi besutan Prudential Indonesia ini antara lain, Bicara dengan Dokter, Periksa Kesehatan dan Riwayat Konsultasi. Ada juga PRU Service yaitu layanan bagi pengguna Pulse yang juga pemegang polis Prudential Indonesia.

Download: Android

11. Dokter Diabetes

Dokter Diabetes

Sedikit berbeda dengan aplikasi cek dokter sebelumnya, Dokter Diabetes merupakan aplikasi konsultasi dokter online gratis yang khusus melayani penderita diabetes. Di sini para pengguna akan terhubung dengan dokter spesialis dan ahli gizi di mana saja.

Aplikasi dokter online ini dihadirkan untuk memudahkan para penderita diabetes dan caregiver untuk menemukan informasi seputar penyakit diabetes. Ada beberapa kelebihan dari aplikasi ini, seperti konsultasi dengan dokter umum, spesialis, dan ahli gizi tanpa biaya.

Kelebihan lainnya, pengguna akan mendapatkan referensi resep obat yang sehat untuk penderita diabetes, menghitung dan memantau jumlah karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh, serta mencatat dan memantau tingkat glukosa dalam darah dan juga berat badan ideal tubuh.

12. ApaSakitKu (ASK)

ApaSakitKu

Aplikasi dokter online selanjutnya adalah ApaSakitKu (ASK). Sesuai namanya, aplikasi cek dokter gratis ini mampu mendeteksi kemungkinan penyakit berdasarkan gejala-gejala yang dirasakan seseorang.

Lewat ASK, setiap pengguna aplikasi ini akan diberi peringatan apabila penyakit yang mereka derita merupakan penyakit yang sudah masuk kategori gawat, dan dianjurkan untuk harus segera dibawa ke rumah sakit.

Aplikasi cek dokter ini juga dilengkapi fitur chatting untuk konsultasi dokter secara online dan gratis. Namun harap dicatat, aplikasi ini hanya membantu memberikan informasi kesehatan yang memadai kepada setiap pengguna, bukan memeriksa secara langsung.

Well, bagaimana menurut Anda? Apakah Anda merupakan pengguna dari salah satu aplikasi di atas? (HLM/FHP)

4 KOMENTAR

  1. Dok saya mau tanya.sya kan lg skit perut.mulas sekali.tapi kenapa bab sy air tapi kok kental kae ingus.apa penyebab nya dok

  2. Assalamualaikum,selamat malam dokter,maaf dok saya mau bertanya apa benar apabila kita menginjak kecoa tanpa alas kaki kemudian cacing kecoa itu bisa masuk ke dalam pori2 kulit kaki? Saya tak sengaja terinjak kala dikamar mandi kemudian saya cuci kaki saya dengan air dan saya gosok pakai sabun cair lifeboy apakah suda aman dok?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI