Baru Sebulan, COD Mobile Tembus 148 Juta Download

Telset.id, Jakarta – Kehadiran game COD Mobile di Android dan iOS mendapat sambutan yang sangat positif. Terbukti, jumlah download COD Mobile mencapai lebih dari 148 juta kali, dan membuatnya menjadi game paling banyak di-download nomor dua sepanjang masa selama satu bulan sejak dirilis.

Fakta tersebut berasal dari studi yang dilakukan oleh SensorTower. Menurut perusahaan analis tersebut, sejak diluncurkan pada 1 Oktober lalu, COD Mobile telah di-download lebih dari 148 juta kali di Android maupun iOS.

Angka ini menempatkan game bergenre FPS tersebut di posisi kedua, di belakang Pokemon Go.

Dilansir dari IGN, Selasa (19/11/2019), bila dibandingkan dengan pesaingnya dengan genre serupa seperti Fortnite dan PUBG Mobile, jumlah download COD Mobile di bulan pertama masih lebih tinggi dari jumlah gabungan keduanya.

{Baca Juga: Baru Sehari, Call of Duty: Mobile Raup Rp 28,4 Miliar}

Fortnite mencatatkan total 35 juta download pada bulan pertama, sementara PUBG Mobile meraih 60,7 juta kali. Ketika angka-angka ini digabungkan, game besutan Activision itu masih lebih jauh memimpin dengan selisih 52,3 juta download.

Secara geografis, Amerika Serikat (AS) menjadi negara dengan jumlah download terbanyak. Total, game COD Mobile telah diunduh sebanyak 23,6 juta kali atau 16 persen dari total, kemudian diikuti oleh India dengan 16,2 juta.

SensorTower menyatakan, jumlah download tersebar hampir merata di seluruh platform iOS dan Android. Namun, pengguna iOS berkontribusi pada pendapatan yang lebih tinggi, yaitu hampir 60 persen.

Game ini berhasil mengantongi pendapatan sebesar USD 53,9 juta atau Rp 759 miliar pada bulan pertama. AS menjadi penyumbang keuntungan terbesar dengan USD 22,8 juta atau Rp 321 miliar, diikuti oleh Jepang dengan USD 7 juta atau Rp 98,5 miliar.

Melihat semua capaian dan keuntungan ini, tak heran jika Activision berencana mengadaptasi semua franchise game mereka untuk masuk ke perangkat mobile.

{Baca Juga: World of Warcraft, Diablo, dll akan Hadir di Android dan iOS?}

Activision berencana bakal menghadirkan lebih banyak game AAA untuk Android dan iOS, menyusul kesuksesan COD Mobile. Itu berarti, ada kemungkinan game seperti World of Warcraft, Diablo, atau Overwatch akan segera hadir di smartphone Android dan iPhone.

Rencana Activision ini dibeberkan langsung oleh President Activision Blizzard and Chief Operating Officer, Coddy Johnson.

Saat ditanya mengenai kemungkinan membawa game World of Warcraft atau Overwatch ke perangkat mobile, ia justru mengatakan tengah mempertimbangkan semua game besutan Activision untuk diboyong ke smartphone. (HLM/FHP)

Sumber: IGN

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Anak-anak Kecanduan Main TikTok? Begini Cara Mencegahnya

Telset.id, Jakarta - TikTok rupanya tak ingin pengguna terus-terusan TikTok-an tanpa mengenal waktu. Alhasil, media sosial yang tengah booming dan...

Twitter Tandai Kicauan Hoaks yang Diunggah Warganet

Telset.id, Jakarta - Twitter saat ini tengah mencoba fitur baru untuk mencegah berita hoaks di platform. Fitur baru Twitter ini nantinya...

Cara Tambahkan Watermark pada Foto di Smartphone Android

Telset.id - Menambahkan watermark di foto merupakan hal yang selalu dilakukan oleh para fotografer. Biasanya, untuk tambahkan watermark pada foto...

Grab Dapat Modal Rp 9,7 Triliun dari Mitsubishi UFJ

Telset.id,Jakarta - Grab dilaporkan telah menerima investasi sebesar USD 700 juta atau setara Rp 9,7 triliun dari perusahaan perbankan...

Fitur Unik Android 11: Ketuk Body untuk Aktifkan Assistant

Telset.id, Jakarta - Suksesor Android 10, yakni Android 11 diharapkan akan diperkenalkan Google di tahun ini dengan membawa beragam fitur...
- Advertisement -