Aplikasi Ini Bisa Deteksi Penyakit Mata Hanya Lewat Foto

Telset.id, Jakarta  – Saat ini, objek dalam foto dapat dikenali melalui penggunaan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI). Teknologi AI membuat segalanya menjadi begitu mudah, cepat, dan akurat. Salah satunya digunakan pada aplikasi yang bisa deteksi penyakit mata hanya lewat foto.

Dan berkat kemajuan teknologi, seperti dikutip Telset.id dari Ubergizmo, Jumat (4/10/2019), para peneliti berhasil mengembangkan aplikasi yang dapat mendeteksi penyakit mata hanya dengan melihat foto.

{Baca juga: Hiii… Chip Mata Manusia Buatan Ini Bisa “Ngedip”}

Cara kerja aplikasi itu adalah mencari pantulan “mata putih” di foto, yang bisa menjadi pertanda retinoblastoma, katarak, atau lainnya. Kabar gembiranya, aplikasi tersebut pun telah bekerja sangat efektif

Ketika diuji dengan memindai 53.000 foto dari 40 anak, didapati bahwa setengah dari sampel memiliki penyakit mata. Ada 16 contoh di mana aplikasi mendeteksi penyakit mata anak-anak 1,3 tahun.

Deteksi oleh aplikasi terjadi sebelum dokter membuat diagnosa. Meski berguna untuk siapapun tanpa memandang usia, aplikasi itu bekerja lebih efektif untuk anak-anak yang belum tahu apa yang dideritanya.

Aplikasi tersebut juga akan berguna bagi para orang tua dalam memantau kesehatan mata anak-anak. Caranya tidak berbeda, yakni hanya dengan menggunakan aplikasi untuk memindai foto -foto mereka.

{Baca juga: Gara-gara Smartphone, Mata Anak ini Harus Dioperasi}

Aplikasi itu sebenarnya tersedia untuk diunduh di perangkat iOS dan Android. Namun, sang kreator memperingatkan bahwa aplikasi tersebut tidak disetujui FDA. Artinya, peneliti tak menggaransi legalitasnya. [SN/HBS]

Sumber: Ubergizmo

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI