NASA Berencana Tanam Buah di Mars, dan Itu Paprika!

Telset.id, Jakarta – Sebuah rencana besar digagas NASA berkaitan dengan perjalanan ruang angkasa menuju bulan dan Mars. Hal ini lantaran NASA menilai manusia juga akan butuh makan nantinya, saat perjalanan benar-benar dimulai.

Menurut badan antariksa Amerika Serikat ini, kelak jika manusia mulai melakukan perjalanan dan secara teratur, atau bahkan mendirikan rumah, toko dan tinggal di sana, manusia akan membutuhkan makanan. Artinya, manusia harus segera menemukan cara untuk menanam buah dan sayuran di planet lain, selain bumi.

Kini, untuk pertama kalinya sebuah makanan telah dipilih NASA untuk dapat dimakan serta ditanam di Stasiun Luar Angkasa Internasional. Dan rupanya, ini merupakan pilihan tanaman yang sangat pedas.

{Baca juga: NASA Berhasil Rekam Kegiatan Robot Penjelajah Mars}

Seperti dilaporkan Rio Grande Sun, NASA telah memilih tanaman paprika jenis Española untuk menjadi proyek tanaman antariksa berikutnya. Tanaman sejenis paprika ini sering dicampur dengan sayuran.

Paprika sendiri sebenarnya masuk dalam kategori buah-buahan dan ini berarti cabai akan menjadi buah pertama yang pernah ditanam oleh NASA di luar angkasa.

Pemilihan Paprika sebagai tanaman pertama yang ditanam di luar angkasa bukan tanpa sebab. Banyak pertimbangan telah dibuat, termasuk apakah sebuah tanaman akan memberikan manfaat nutrisi yang cocok untuk para astronot atau tidak. Belum lagi kebutuhan individu dari masing-masing tanaman dalam hal penggunaan air dan mineral.

{Baca juga: Dikira Hilang, Video Langka NASA Dimiliki Mantan Anak Magangnya}

“Kami juga mencari varietas yang tidak tumbuh terlalu tinggi namun sangat produktif di lingkungan terkendali yang akan kami gunakan di luar angkasa,” kata ahli fisiologi Plan NASA, Ray Wheeler.

Wheeler menjelaskan bahwa menanam paprika mungkin memiliki manfaat lain, seperti memberi astronot pilihan untuk menambah bumbu pada makanan mereka di luar angkasa yang terkadang terasa hambar.

Sebagai manfaat tambahan, kata Wheeler, paprika kaya akan vitamin C, dan itu penting untuk diet luar angkasa. [BA/IF]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Rekomendasi 10 Game Anak-anak Terbaik di Android 2020

Telset.id, Jakarta - Smartphone dan gaming sepertinya telah menjadi hal yang sulit dipisahkan belakangan ini. Kini, bahkan anak-anak memanfaatkan...

Sony Gelar Acara 3 Juni, Siap Pamerkan PlayStation 5?

Telset.id, Jakarta - Setelah sempat diumumkan pada tahun lalu, Sony PlayStation 5 sepertinya hanya tinggal menunggu waktu untuk hadir...

Barisan Smartphone Huawei dengan EMUI 10.1, Ada Huawei P30!

Telset.id, Jakarta – Jajaran produk Huawei P40 datang dengan EMUI 10.1, yang merupakan versi terbaru dari perangkat lunak EMUI...

Cara Menggunakan Layanan VoLTE Telkomsel

Telset.id, Jakarta - Seiring dengan semakin matangnya 4G, penerapan teknologi Voice over LTE (VoLTE) pun menjadi hal yang lumrah...

Siap-siap! Oppo Reno4 dan Reno4 Pro Meluncur 5 Juni

Telset.id, Jakarta - Setelah sempat wara-wiri di dunia maya, menampilkan baik rupa maupun spesifikasinya, Oppo Reno4 akhirnya benar-benar mengisyaratkan...
- Advertisement -