Dikira Hilang, Video Langka NASA Dimiliki Mantan Anak Magangnya

Telset.id, Jakarta – Video langka yang menampilkan detik-detik saat Neil Armstrong pertama kali menginjakkan kaki di Bulan akan dilelang dalam waktu dekat. Yang menarik, video tersebut ternyata dimiliki oleh mantan anak magang NASA bernama Gary George.

Asal tahu saja, video yang direkam NASA itu menampilkan manusia pertama yang menginjakkan kaki di Bulan, Neil Armstrong bersama Buzz Aldrin pada misi Apollo 11 pada 20 Juli 1969 silam.

NASA kala itu, tepatnya pada 2006 sempat mengatakan bahwa mereka sama sekali tidak menemukan rekaman video asli pendaratan bersejarah di bulan.

{Baca juga: NASA Segera Terbangkan Drone ke Bulan Terbesar Saturnus}

Akan tetapi seperti dilaporkan oleh Reuters, seperti dilansir Telset.id pada Minggu (30/06/2019), George yang masih menjadi mahasiswa dan anak magang NASA diketahui telah membeli lebih dari 1.100 rekaman video NASA.

Rekaman itu ia beli seharga USD 218 atau setara Rp 3 jutaan (kurs saat ini) dalam sebuah pelelangan pemerintah pada 1976.

Rupanya, 3 rekaman di antaranya merupakan dokumentasi sangat langka dan begitu berharga. Salah satu rekaman berisikan kata-kata terkenal Armstrong saat di Bulan. yaitu “That’s one small step for man, one giant leap for mankind.”

“Saya tidak tahu ada sesuatu yang bernilai pada mereka,” kata George yang kini menjadi seorang pensiunan insinyur mekanik berusia 65 tahun asal Las Vegas, Amerika Serikat.

{Baca juga: Memorabilia Pendaratan Apollo 11 Dilelang, Berminat?}

Kini, dokumentasi langka tersebut akan dilelang oleh Sotheby’s di New York pada 20 Juli mendatang. Diperkirakan, rekaman tersebut bisa terjual sampai USD 2 juta atau lebih dari Rp 28 miliar.

Nilai ini diprediksi berdasarkan pengalaman Sotheby’s sebelumnya yang pernah menjual tas ritsleting yang dicap dengan kata-kata “Lunar Sample Return” yang digunakan Armstrong lengkap dengan debu-debu dari bulan yang terjual USD 1,8 juta atau Rp 25 miliar. (FHP)

Sumber: Reuters

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Xiaomi Umumkan Tanggal Peluncuran Black Shark 3, Kapan?

Telset.id, Jakarta - Pasca serangkaian bocoran spesifikasi yang beredar, kali ini giliran tanggal kelahiran Black Shark 3 yang mulai...

Cara Memantau Titik Banjir di Jakarta Melalui PetaBencana.id

Telset.id, Jakarta - Banjir kembali terjadi di Jakarta pada Selasa (25/02/2020). Bagi pengguna jalan yang ingin terhindar dari genangan...

Huawei Mate Xs Resmi Meluncur dengan Kirin 990 5G

Telset.id, Jakarta - Huawei secara resmi mengumumkan smartphone lipat terbarunya, Huawei Mate Xs. Smartphone ini sendiri merupakan versi upgrade...

Berbekal Banyak Fitur Pintar, Honor Magic Earbuds Siap Saingi AirPods

Telset.id, Jakarta - Perangkat True Wireless Stereo (TWS) kian hari kian populer. Dipelopori oleh Apple, kini semakin banyak saja...

Jakarta Diguyur Hujan Semalam Suntuk, Tagar #Banjir Bergema

Telset.id, Jakarta - Hujan mengguyur Jakarta dan sekitarnya semalam suntuk sejak Senin malam (24/02/2020), mengakibatkan banjir di banyak tempat....
- Advertisement -