Riset 2019: Ini Dia Operator dengan Koneksi Internet Tercepat

Telset.id, Jakarta OpenSignal baru saja merilis analisa jaringan internet milik lima operator seluler di Indonesia. Hasilnya, koneksi internet milik operator seluler mana paling cepat di Tanah Air?

OpenSignal meneliti kualitas jaringan di operator Telkomsel, Indosat Ooredoo, Smartfren, XL Axiata dan Tri Indonesia. Mereka menguji Pengalaman Kecepatan Pengunggahan, Pengalaman Video, Pengalaman Latensi dan Ketersediaan 4G. Hasilnya Telkomsel unggul di 3 dari 4 kategori tersebut.

Untuk pengalaman kecepatan pengunggahan, Telkomsel memiliki rata-rata kecepatan koneksi internet sekitar 3,7 Mbps. Angka ini mengungguli XL Axiata yang memiliki 3,4 Mbps ataupun Tri Indonesia yang memiliki kecepatan 3,1 Mbps.

Untuk Kategori Pengalaman Video pun tidak jauh berbeda. Telkomsel mendapatkan skor 54,3 poin disusul oleh XL Axiata dengan 46,5 poin dan Tri Indonesia 42 poin. Artinya kualias streaming video jaringan Telkomsel lebih baik ketimbang operator lain.

{Baca juga: Telkomsel Terus Kembangkan Jaringan 5G di Indonesia}

Hal serupa juga terkait kategori Pengalaman Latensi. Dalam kategori tersebut Latensi terendah dimiliki oleh Telkomsel dengan waktu respon rata-rata 52,1 milidetik. Sedangkan latensi paling tinggi dimiliki oleh Indosat dan Smartfren dengan rata-rata 81,6 milidetik dan 73,3 milidetik.

Namun Kategori Ketersediaan 4G menunjukan hasil yang menarik. Smarfren unggul dalam ketersediaan 4G dengan 95,8%. Operator tersebut disusul oleh Tri Indonesia dengan 88,6%, dan Indosat dengan 82,7%.

Sebagai informasi, saat ini cakupan jaringan Smartfren 4G LTE telah hadir di lebih dari 200 kota di seluruh Indonesia. Operator seluler milik Sinar Mas Group ini sudah menjalankan secara penuh jaringan 4G, baik di frekuensi 2,3 GHz dan 850 MHz.

Riset Open Signal dilakukan di 16 kota besar di Indonesia, yakni DKI Jakarta, Bekasi, Bogor, Depok, Tangerang, Bandung, Yogyakarta, Makassar, Medan, Palembang, Bandar Lampung, Pekanbaru, Semarang, Surabaya, Denpasar, dan Batam. Pengumpulan data melibatkan sebanyak 3,3 juta perangkat dalam periode waktu 1 Februari hingga 1 Mei 2019.

{Baca juga: Smartfren akan Uji Coba 5G di Kawasan Marunda}

Sumber: OpenSignal

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Yeayy! Update MIUI 11 untuk Pocophone F1 Akhirnya Disebar

Telset.id, Jakarta - Janji Alvin Tse selaku Head of Poco Global menghadirkan update Android 10 untuk Pocophone F1 akhirnya terwujud....

5 Situs Baca Manga Terbaik 2020, Mana Favoritmu?

Telset.id - Bagi Anda yang doyan baca komik apalagi manga, pastinya sering membacanya menggunakan komputer atau smartphone. Pasalnya, kini sudah...

Robot Burung Ini Berbulu dan Terbang seperti Burung Merpati

Telset.id, Jakarta  - Mungkinkah burung merpati menjadi model untuk robot terbang generasi baru? Seperti itulah yang dilakukan oleh para...

Jadi Stafsus Presiden Termuda, Putri Tanjung Kasih Tips Sukses

Telset.id, Jakarta – Staf Khusus Presiden Jokowi, Putri Tanjung, berbagi pengalamannya bisa meraih sukses di usia muda, termasuk menjadi...

Tips Jitu! Ini Cara Mencegah Panggilan Spam di HP

Telset.id - Panggilan spam memang hal yang cukup mengganggu dan menjengkelkan bagi para pengguna ponsel. Tapi jangan langsung menyerah...
- Advertisement -