Kominfo Gandeng Shopee untuk Fasilitas UMKM Go Online

UMKM Go Online

Telset.id, Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) meningkatkan jangkauan Program UMKM Go Online dengan menggandeng e-commerce Shopee. Lewat kerja sama ini, diharapkan bisa mempermudah jutaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk mendapatkan akses dan fasilitas dalam memanfaatkan teknologi digital.

Kominfo dan Shopee melakukan perjanjian kerja sama UMKM Go Online di kantor Shopee di Pacific Century Place Tower, Jakarta, Senin (01/07) kemarin.

Dirjen Aplikasi Informatika Kominfo, Semuel Abrijani yang hadir dalam acara tersebut mengatakan bahwa program UMKM Go Online merupakan soluti pemerataan akses pasar melalui digital untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan.

“Melalui program ini, UMKM kini memiliki dua kios, satu kios ada di pasar sebagai tempat berjualan sehari-hari, satu lagi kios yang berada di dunia maya,” kata Semuel.

Menurutnya, melalui dua jenis kios tersebut, peluang UMKM semakin besar dalam mengembangkan bisnisnya. Lebih dari itu, pertumbuhan ekonomi Indonesia semakin lebih baik.

{Baca juga: Jelang Lebaran, Kominfo Tetap Pantau Konten Hoaks di Medsos}

Selain itu, lanjut Semuel, pengembangan bisnis berbasis online tentunya lebih mudah, cepat, efektif dan efisien. “Proses ini memerlukan kerjasama antar pemerintah, market place dan e-wallet seperti Shopee, tujuan kita untuk sama-sama membina dan membantu para UMKM Indonesia berbisnis online,” tuturnya.

Direktur Shopee Indonesia, Handika Jahja menilai, perkembangan internet dan pertumbuhan e-commerce membuat Indonesia memiliki potensi besar untuk menjadi salah satu pusat ekonomi terbesar di dunia.

“Perkembangan internet dan perkembangan e-commerce ini masih banyak sekali potensi untuk berkembang. Jadi, dengan pertumbuhan yang sangat pesat ini, kami ikut berkomitmen untuk memajukan ekonomi digital ini,” katanya.

{Baca juga: Shopee Genjot Ekspor UMKM Lewat Kreasi Nusantara}

Shopee yang telah memiliki pengguna dan penjual di seluruh kota dan kabupaten di Indonesia ini, senantiasa mendukung program-program pemerintah untuk memajukan ekonomi yang lebih baik. “Kami di Shopee akan terus mendukung perkembangan ini, dan dimulai dengan beberapa program kami, salah satunya adalah UMKM Go Online,” pungkasnya. (NM/FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here