Huawei Buka Suara Pasca “Diceraikan” Google

Telset.id, Jakarta Huawei akhirnya buka suara terkait dicabutnya dukungan Android di smartphone Huawei oleh GoogleBrand asal China ini berkomitmen untuk memberikan pembaruan keamanan dan layanan bagi perangkat yang sudah beredar di pasaran.

“Huawei akan terus menyediakan pembaruan keamanan dan layanan purna jual untuk semua produk smartphone serta tablet Huawei dan Honor yang ada, yang telah dijual dan yang masih tersedia secara global,” kata pihak Huawei.

Seperti diketahui, smartphone Huawei terancam kehilangan akses ke pembaruan sistem operasi Android di masa mendatang. Penyebabnya, Alphabet sebagai induk perusahaan Google telah menghentikan kerja sama bisnisnya dengan mereka.

Keputusan ini membuat perusahaan terancam tidak bisa memanfaatkan berbagai layanan, termasuk softwarehardware dan sistem operasi, kecuali yang tersedia secara publik melalui lisensi open source.

{Baca juga: Smartphone Huawei Terancam Tidak Didukung Android Lagi}

“Huawei hanya dapat menggunakan versi publik Android dan tidak akan bisa mendapatkan akses ke aplikasi dan layanan dari Google,” tegas sumber dari Reuters.

Dilansir Telset.id dari Ubergizmo pada Selasa (21/05/2019), Huawei berencana ingin membangun ekosistem perangkat lunak yang aman dan berkelanjutan. Tujuannya, mereka ingin memberikan pengalaman terbaik bagi semua pengguna secara global.

Pernyataan brand ini dinilai sesuai dengan kebijakan Google sebelumnya. Google menjelaskan jika larangan pemakaian Android hanya berlaku untuk smartphone terbaru. Sedangkan bagi smartphone yang telah dirilis, masih akan didukung Android meskipun tidak ada lagi pembaruan.

{Baca juga: Tenang, Google Tetap Kasih “Keringanan” untuk Huawei}

Tidak jelas apa yang akan terjadi di masa depan untuk brand tersebut. Akan tetapi, kasus ini mirip dengan apa yang terjadi pada ZTE di masa lalu, ketika perusahaan akhirnya mencapai kesepakatan dengan pemerintah Amerika Serikat.

Sementara itu, Google tidak sendirian dalam menarik urusan bisnis mereka dengan Huawei. Sebab, Qualcomm dan Intel dilaporkan juga menangguhkan bisnis mereka dengan perusahaan yang dipimpin oleh Ren Zhengfei ini. (NM/FHP)

Sumber: Ubergizmo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Rekomendasi 10 Game Anak-anak Terbaik di Android 2020

Telset.id, Jakarta - Smartphone dan gaming sepertinya telah menjadi hal yang sulit dipisahkan belakangan ini. Kini, bahkan anak-anak memanfaatkan...

Sony Gelar Acara 3 Juni, Siap Pamerkan PlayStation 5?

Telset.id, Jakarta - Setelah sempat diumumkan pada tahun lalu, Sony PlayStation 5 sepertinya hanya tinggal menunggu waktu untuk hadir...

Barisan Smartphone Huawei dengan EMUI 10.1, Ada Huawei P30!

Telset.id, Jakarta – Jajaran produk Huawei P40 datang dengan EMUI 10.1, yang merupakan versi terbaru dari perangkat lunak EMUI...

Cara Menggunakan Layanan VoLTE Telkomsel

Telset.id, Jakarta - Seiring dengan semakin matangnya 4G, penerapan teknologi Voice over LTE (VoLTE) pun menjadi hal yang lumrah...

Siap-siap! Oppo Reno4 dan Reno4 Pro Meluncur 5 Juni

Telset.id, Jakarta - Setelah sempat wara-wiri di dunia maya, menampilkan baik rupa maupun spesifikasinya, Oppo Reno4 akhirnya benar-benar mengisyaratkan...
- Advertisement -