Microsoft Sahkan Login Tanpa Password di Windows 10

Telset.id, Jakarta – Kabar terbaru menyebut bahwa Microsoft segera memberlakukan login tanpa password di perangkat Windows 10. Sebab baru-baru ini, Microsoft telah mengantongi sertifikasi FIDO2 untuk Windows Hello.

Manajer Kripto, Identitas, dan Autentikasi Azure Core OS Microsoft, Yogesh Mehta mengatakan, dengan keberadaan sertifikasi FIDO2 untuk Windows Hello, 800 juta pengguna Windows 10 bakal lebih dekat dengan era digital tanpa password.

Ia menyatakan, sebenarnya tidak ada yang menyukai password kecuali peretas. Itu karena, para pengguna harus selalu membuat dan mengingat password yang aman, yang biasanya dipenuhi kombinasi angka, huruf kecil dan besar, hingga simbol.

{Baca juga: Cegah Pemilu Curang, Microsoft Bikin Software “ElectionGuard”}

Akibatnya, orang cenderung membuat passwrod yang mudah ditebak agar mudah diingat, tapi juga menjadi target utama para peretas.

Menurut Forbes, dikutip Telset.id pada Senin (13/05/2019), sejak 2015 Microsoft membangun jalur yang aman dan tanpa password lewat Windows Hello. Pengguna Windows 10 pun leluasa melakukan login via teknologi biometrik atau PIN.

Pekan lalu, seiring peluncuran Windows 10 versi 1903, Windows Hello telah menggunakan pengautentikasi bersertifikat FIDO2. FIDO atau Fast Identity Online merupakan badan yang mengatasi masalah persandian melalui standar terbuka.

{Baca juga: 3 Game Gameloft Ini Dapat Dukungan Xbox Live}

FIDO2 memungkinkan pengembang memanfaatkan protokol dan perangkat berbasis standar untuk memberi pengguna autentikasi secara mudah ke layanan online via seluler maupun desktop. Pengguna jadi lebih mudah dan aman masuk ke layanan.

Setiap bulan, lebih dari 800 juta orang menggunakan akun Microsoft untuk mengakses email, bermain game, atau mengakses data di Cloud. Windows 10 versi 1903 memungkinkan pengguna versi terbaru Mozilla Firefox untuk masuk ke akun Microsoft. (SN/FHP)

Sumber: Forbes

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Cegah “Zoombombing”, Google Meet Blokir Pengguna Anonim

Telset.id, Jakarta - Google menghadirkan fitur keamanan terbaru. Fitur keamanan ini akan blokir pengguna anonim yang masuk ke layanan...

Oppo 125W Flash Charge Bisa ‘Ngecas Full’ Cuma 20 Menit!

Telset.id, Jakarta - Oppo kembali menunjukkan diri sebagai pionir teknologi pengisian daya cepat dengan memperkenalkan Oppo 125W Flash Charge....

Korban “Batterygate” iPhone Bisa Ajukan Klaim Rp 365 Ribu

Telset.id, Jakarta  - Pemilik iPhone bisa mengajukan klaim USD 25 atau sekitar Rp 365 ribu ke Apple. Sayang, pengajuan...

Resmi! Ini Harga dan Spesifikasi OMEN 25L Desktop Gaming

Telset.id, Jakarta - Selain meluncurkan laptop gaming OMEN 15 (2020), HP juga meluncurkan seri desktop PC gaming, OMEN 25L...

Fitur ‘Sekolah’ Kelas Pintar Mudahkan Siswa Belajar di Rumah

Telset.id, Jakarta - Guna mendukung proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), Kelas Pintar meluncurkan sebuah fitur baru yang disebut "Sekolah"....
- Advertisement -