Foto Selfie Dua Gorila Ini Heboh di Medsos

Telset.id, Jakarta – Dua gorila di Taman Nasional Virunga di Kongo telah mengambil alih Internet. Foto selfie dua gorila dengan pose berdiri bersama penjaga Taman Nasional Virunga ini viral di media sosial.

Foto selfie ini diposting seorang ranger di Facebook dan tersebar di media sosial pada akhir pekan lalu. Dua gorila betina, bernama Ndakazi dan Ndeze ini berada di Senkwekwe sebuah penangkaran untuk gorila yatim piatu.

Seorang pejabat yang bekerja di taman nasional mengatakan, bahwa gorila ini tampaknya meniru pengasuhnya, yang telah membesarkan mereka.

“Suatu hari di kantor,” tulis caption di bawah foto selfie kedua gorila tersebut, seperti dikutip Telset.id dari Washington Post, Rabu (24/4/2018).

Wakil Direktur Taman Nasional Virunga, Innocent Mburanumwe, mengatakan kepada BBC Newsday bahwa, dalam foto itu tampak kedua gorila berdiri seperti manusia, seperti anggota tentara yang memberi hormat pada bendera.

{Baca juga: Duh! Niatnya Selfie, Perempuan Ini Malah Diterkam Jaguar}

Mburanumwe mengatakan, primata biasanya tidak berdiri. Mereka hanya akan berdiri ketika merasa sangat ingin tahu terhadap sesuatu, sehingga mereka harus berdiri dan melihat apa yang mereka ingin lihat.

Dia menuturkan, kedua gorila yatim ini dirawat sejak kecil oleh manusia, tumbuh di sekitar manusia, sehingga mereka belajar meniru perilaku seperti manusia.

Foto dua gorila yang lucu ini telah menarik perhatian netizen selama beberapa hari terakhir, dan mendapatkan like lebih dari 42.000 di Facebook, Instagram dan Twitter.

Dalam sebuah posting Facebook pada hari Senin (22/4) lalu, Taman Nasional Virunga mengatakan bahwa foto itu memang asli, bukan rekayasa.

“Para gorila itu selalu bertingkah nakal jadi ini adalah bidikan sempurna dari kepribadian sejati mereka! Juga, tidak mengherankan melihat “gadis-gadis” ini berdiri dengan kedua kaki mereka, sebagian besar primata merasa nyaman berjalan tegak (bipedalisme) untuk beberapa waktu yang singkat,” tulisnya.

Hal itu juga dibenarkan oleh para ahli primata. Direktur Primate Behavioral Ecology Lab di University of Georgia, Roberta Salmi, mengatakan kepada The Washington Post bahwa kera di alam liar menggunakan postur tegak untuk berbagai hal.

Misalnya, saat mereka ingin meraih buah di pohon, berjalan di air, atau menunjukan dominasi dengan cara berdiri kemudian memukul dadanya sendiri.

Roberta Salmi mengatakan, dia tidak pernah melihat gorila liar berdiri hanya untuk melihat-lihat. Tetapi dia telah melihat video yang ada di penangkaran yang perhatian dari para wisatawan.

Sementara itu, seorang primatolog dan profesor psikologi di Emory University, Frans de Waal, mengatakan bahwa hewan, secara umum cenderung meniru pengasuh mereka. Di antaranya meniru ekspresi wajah dan postur.

{Baca juga: Bahagianya Bocah-bocah Ini Saat “Foto Selfie”, Bikin Terharu}

Primata, kata Frans de Waal, bahkan lebih mungkin untuk melakukannya, sebab primata memiliki tubuh mirip manusia yang membuatnya lebih mudah untuk menirukan.

Yang menjadi pertanyaan adalah, bagaimana primata terhubung dengan manusia di dunia mereka, dan mengapa mereka ingin meniru manusia yang merawat mereka?

Beberapa dekade yang lalu, seekor gorila yang terkenal bernama Koko, membantu dunia melihat bagaimana primata dapat terhubung dan berkomunikasi dengan manusia.

De Waal mengatakan alasan gorila meniru perilaku manusia adalah bukan karena mereka pikir itu menyenangkan, tetapi karena mereka mengidentifikasi diri dengan manusia yang merawat mereka.

Untuk diketahui Ndakazi dan Ndeze dibawa ke panti asuhan gorila Taman Nasional Virunga pada musim panas 2007. Induk mereka terbunuh dalam insiden perburuan.

{Baca juga: Bahagianya Bocah-bocah Ini Saat “Foto Selfie”, Bikin Terharu}

Kepada BBC Newsday, Mburanumwe mengatakan, saat ditemukan kondisi kedua gorila masih berumur sekitar 2 bulan dan yang lainnya berumur sekitar 4 bulan.

“Sejak itu, kedua gorila ini dibesarkan oleh penjaga taman nasional. Jadi mereka menganggap bahwa penjaga itu adalah orang tua mereka,” jelasnya.

Mengenai foto yang diposting di media sosial itu, Taman Nasional Virunga melalui sebuah postingan di Facebook menekankan bahwa sejak kecil kedua gorila tersebut hidup di tempat penangkaran khusus bagi bayi hewan yatim piatu.

Para penjaga di Senkwekwe sangat berhati-hati untuk menjaga kesehatan gorila. Foto tersebut diambil dalam keadaan khusus, sehingga tidak disarankan mendekati gorila di alam liar untuk foto selfie bersama. [BA/HBS]

Sumber: Washington Post

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Peneliti Ciptakan “Joystick Mulut” untuk Penyandang Disabilitas

Telset.id, Jakarta – Insinyur dari Köln International School of Design, Jerman, menciptakan “joystick" berbasis mulut yang memungkinkan orang penyandang...

Apple Ingin Ubah iPhone jadi Mesin Kasir Canggih

Telset.id, Jakarta – Apple kabarnya ingin mengubah iPhone menjadi terminal pembayaran, seperti sebuah mesin kasir canggih untuk toko ritel....

Sikat! Beli MSI Bravo 15 Gratis Assassin’s Creed Valhalla

Telset.id, Jakarta - MSI resmi menghadirkan laptop gaming terbaru mereka ke Indonesia, Bravo 15. Untuk menyambutnya, MSI pun menggelar promo...

Terkait “Obat Covid-19”, Anji dan Hadi Pranoto Dilaporkan ke Polisi

Telset.id, Jakarta - Video YouTube terkait "obat Covid-19" yang menampilkan Anji dan Hadi Pranoto berujung ke ranah hukum. Keduanya...

Microsoft Akui Berminat Akuisisi TikTok

Telset.id, Jakarta – Microsoft akhirnya mengakui berminat untuk akuisisi TikTok. Pengakuan tersebut disampaikan melalui postingan di situs resmi perusahaan....
- Advertisement -