Hari Pencoblosan, #Pemilu2019 dan #SiapapunPresidennya jadi Trending Topic

Telset.id, Jakarta Hari pencoblosan yang diselenggarakan hari ini (17/04/2019) merupakan puncak dari Pemilu 2019. Seluruh masyarakat Indonesia bersama-sama memilih pasangan calon presiden dan calon legislatif di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Antusiasme masyarakat Indonesia dalam menyambut dan mengikuti Pemilu 2019 pun terasa juga di dunia maya, ketika warganet Tanah Air menyerukan tagar #Pemilu2019 dan #SiapapunPresidennya.

Berdasarkan pantuan Telset.id di Trends24 pada Rabu (17/04), tagar tersebut secara perlahan naik menduduki puncak trending topic di Twitter.

Terlihat bahwa tagar #Pemilu2019 berada di posisi pertama, sementara tagar #SiapapunPresidennya berada di posisi kedua.

Komentar warnaget pun beragam mengenai tagar tersebut. Pada tagar #Pemilu2019, terlihat bahwa mayoritas warganet menyerukan untuk memilih sambil memposting salah satu jari mereka yang dilumuri tinta biru tanda sudah mencoblos.

{Baca juga: Pecah! Jokowi Hadir di GBK, Tagar #KonserPutihBerSATU Viral}

Selain itu, tak sedikit warganet yang juga yang memanfaatkan momen ini untuk mencari potongan harga. Pasalnya, ada banyak merchant yang memberikan potongan harga, bagi warganet yang sudah mencoblos dengan syarat, harus menunjukan jari mereka yang telah dilumuri oleh tinta.

Tidak jauh beda dengan seruan tagar #SiapapunPresidennya yang juga viral di Twitter. Ucapan tagar ini mayoritas bersifat humor atau sindiran.

Mereka mengunggah berbagai meme humor yang berkaitan dengan Pemilu 2019. Misalnya saja situs komunitas @OneCak yang memposting meme surat suara pemilu 2019.

Yang menarik, ada segelintir warganet Indonesia yang justru mengaitkan tagar #SiapapunPresidennya dengan seruan untuk mengembalikan anime kesukaannya ke saluran televisi Indonesia.

“#SiapapunPresidennya tolong anime ini ditayangkan kembali ditv,” tulis akun @aminbadali22.

{Baca juga: Pemilu 2019, Mafindo Minta Warganet Kendalikan Diri}

Tampaknya, cuitan akan semakin beragam sepanjang hari pencoblosan. Namun warganet harus bisa menjaga opini mereka di media sosial agar tidak menjurus provokasi ataupun penyebaran konten hoaks.

Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) menghimbau warganet bisa mengendalikan diri untuk tidak sembarangan menyebarkan informasi yang belum terverifikasi. Menurut Ketua Mafindo, Septiaji Eko Nugroho menjelang hari pencoblosan, biasanya akan muncul banyak informasi atau konten berita terkait Pemilu 2019.

“Masyarakat harus melakukan pengendalian diri. Menjelang pencoblosan akan banyak informasi dengan judul menggoda dan bombastis. Untuk itu cek lagi sebelum dibagi,” kata Septiaji kepada Tim Telset.id pada Selasa (16/04/2019). (NM/FHP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI