10 April, Astronom untuk Pertama Kalinya akan Ungkap Foto Black Hole

Telset.id, Jakarta – Teka-teki objek black hole yang selama ini masih menjadi misteri nampaknya akan terjawab. Para astronom yang bekerja di seluruh jaringan kosmik sedunia akan membuat pengumuman “sebuah terobosan” besar pada 10 April 2019 terkait lubang hitam.

Dilansir Telset.id dari CNET pada Selasa (02/04/2019), kabar pengumuman tersebut berasal dari European Southern Observatory. Namun belum ada informasi yang jelas terkait isi pengumuman.

Tetapi ada prediksi bahwa akan dipamerkan untuk pertama kalinya foto black hole yang selama ini dilakukan dalam misi Event Horizon Telescope dan proyek lainnya.

Ini bisa menjadi salah satu penemuan sains terbesar tahun ini, dimana untuk pertama kalinya manusia akan dapat “melihat” lubang hitam di pusat galaksi Bima Sakti, atau salah satu tetangga kosmik dekat kita, Messier 87.

Black hole sebenarnya objek ruang angkasa yang tak terlihat dan berbahaya. Gravitasinya yang sangat besar mampu menghisap siapa saja bahkan cahaya sekalipun.

{Baca juga: Penelitian Hawking soal Black Hole Tersedia Secara Online}

Namun, di ujung gravitasi lubang hitam, terletak “Event Horizon” yang memancarkan radiasi energi tinggi dan bisa dilihat. Banyak material menumpuk di wilayah ini dan melaju di sekitar lubang hitam dengan kecepatan sedemikian rupa sehingga memancarkan radiasi energi tinggi.

Perlu diketahui bahwa selama 13 tahun terakhir, Event Horizon Telescope telah mencoba untuk membayangkan dua lubang hitam yakni di Sagittarius A yang ada di pusat Bima Sakti, dan lubang hitam di pusat Messier 87.

Selain melalui proyek Event Horizon Telescope, observatorium di seluruh dunia selama ini juga fokus mencari lokasi black hole dengan menangkap sinyal dari Horizon Peristiwa yang dipancarkan lubang hitam.

Data yang mereka tangkap didigitalkan dan disimpan di hard drive, yang secara fisik diterbangkan ke lembaga yang berpartisipasi untuk dianalisis. Seluruh data dikorelasikan, dijahit bersama, dan akhirnya menghasilkan gambar cakrawala peristiwa black hole.

{Baca juga: NASA Peringatkan SpaceX soal Keselamatan Peluncuran Astronot}

Pengumpulan data terakhir terjadi dua tahun lalu, pada bulan April 2017, sehingga kemungkinan pengumuman pada 10 April akan memberikan kesempatan manusia untuk dapat melihat objek black hole yang letaknya di galaksi Bima Sakti atau Messier 87. Patut kita tunggu. [NM/HBS]

Sumber: CNET

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Telkomsel Klaim Data Pelanggan Tetap Aman

Telset.id, Jakarta – Telkomsel menjadi sorotan pasca hebohnya kasus kebocoran data Denny Siregar. Meredam isu tak sedap itu, operator...

Google akan Investasi Senilai Rp 145 Triliun di India

Telset.id, Jakarta  - Google akan menggelontorkan USD 10 miliar atau sekitar Rp 145 triliun untuk berinvestasi di India selama...

Mesin Waktu Virtual Ini Mirip “Pintu Kemana Saja” Doraemon

Telset.id, Jakarta  - Seorang pemuda bernama Lucas menciptakan mesin waktu virtual yang berfungsi mirip “Pintu ke Mana Saja” milik...

Kalkulator “Oprekan” Ini Jadi Impian Setiap Siswa

Telset.id, Jakarta  - Sebuah kalkulator merek Casio dimodifikasi guna mewujudkan impian semua siswa di sekolah. Betapa tidak, kalkulator tersebut...

Bos Telkomsel ‘Curhat’ Soal Keamanan Data Pelanggan

Telset.id, Jakarta - Telkomsel hari ini menggelar konfernsi pers terkait kasus kebocoran data yang dialami oleh Denny Siregar. Operator...
- Advertisement -