Layanan Sudah Normal, Tagar #WhatsAppDown Masih Ramai

Telset.id, Jakarta WhatsApp rupanya “ketularan” masalah system down seperti Instagram dan Facebook sejak tadi malam. Meski sudah berangsur pulih pada pagi pukul 10.00 WIB, Kamis (14/03/2019), namun tagar #WhatsAppDown masih ramai di Twitter.

Diketahui sekitar pukul 09.00 WIB pagi ini, warganet heboh di lini masa karena masalah di layanan WhatsApp masih berlangsung. Masalah yang dikeluhkan adalah tidak bisa mengirimkan gambar.

Berdasarkan pantauan Tim Telset.id pada Trends24 pada Kamis (14/03/2019), peringkat tagar #WhatsAppDown mengalami peningkatan dan saat ini berada di posisi ketiga bersama tagar #InstagramDown dan #FacebookDown yang sudah menjadi viral sejak semalam.

Bersama tagar #WhatsAppDown warganet Indonesia melaporkan bahwa kerusakan pada WhatsApp terjadi ketika mereka mengirimkan pesan gambar. Akun @puji002 bertanya kepada warganet lain terkait kerusakan tersebut dan responnya pun beragam. Banyak warganet yang merasa bahwa tadi pagi mereka tidak bisa mengirim pesan gambar di WhatsApp.

Hal serupa juga dilaporkan oleh akun Twitter @ICahyapradana. Dirinya melaporkan bahwa kerusakan juga terjadi pada fitur WhatsApp Story. Hal ini ditemukan usai mencoba memasang foto di WhatsApp Story namun tidak bisa.

Berdasarkan situs DownDetector, laporan terhadap kerusakan WhatsApp melonjak pada pukul 09.00 WIB tadi. Pasalnya pada pukul tersebut mereka menerima 1414 laporan terkait kerusakan tersebut.

{Baca juga: Setelah Gmail Down, Giliran Instagram dan Facebook Down}

Secara presentase 49% pengguna melaporkan bahwa mereka tidak dapat mengirim dan menerima pesan. Kemudian 37% melaporkan ada masalah dalam konektivitas dan 12% mengaku jika fitur log-in WhatsApp tidak berfungsi normal.

Namun menurut pantauan Tim Telset.id pada pukul 11.57 WIB, layanan WhatsApp sudah berangsur normal. Sebelumnya selain WhatsApp, aplikasi Instagram dan  Facebook down atau mengalami kerusakan hingga tak bisa diakses. Instagram down dilaporkan oleh situs DownDetector, situs pendeteksi performa dari layanan online.

{Baca juga: Layanan Gmail Down, Ada Apa?}

Dari hasil pantauan pada Kamis (14/03), situs tersebut telah menerima laporan terkait masalah error pada layanan Instagram sekitar Rabu (13/03) pukul 23.00 WIB dan puncaknya sekitar pukul 04.00 WIB.

Terhitung, DownDetector menerima 19.226 laporan tentang kerusakan dua media sosial tersebut. Sebagian besar pengguna mengeluhkan tidak bisa mengakses News Feed dan tidak bisa melakukan login. [NM/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI