Setelah Gmail Down, Giliran Instagram dan Facebook Down

Telset.id, Jakarta – Instagram dan  Facebook down atau mengalami kerusakan hingga tak bisa diakses. Instagram down dilaporkan oleh situs DownDetector, situs pendeteksi performa dari layanan online.

Berdasarkan pantauan tim Telset.id dari pada Kamis (14/03/2019), situs tersebut telah menerima laporan terkait kerusakan pada Instagram sekitar rabu (13/03) pukul 23.00 WIB dan puncaknya sekitar pukul 04.00 WIB.

Terhitung bahwa DownDetector menerima 19.226 laporan tentang kerusakan dua media sosial tersebut. Sebagian besar pengguna mengeluhkan tidak bisa mengakses News Feed dan tidak bisa melakukan login.

Sementara lainnya, mengeluhkan bahwa mereka tidak dapat mengakses Instagram versi website.

DownDetector juga menganalisis sejumlah wilayah yang terdampak pada error-nya Instagram dan Facebook. Seperti Amerika Serikat, beberapa negara di Amerika Selatan, Turki, sebagian Eropa, Australia, Jepang dan beberapa negara di Asia.

Sementara Facebook, pengguna mulai melaporkan adanya kerusakan pada Rabu (13/03) sekitar pukul 23.00 WIB. Sama seperti kasus Instagram, sekitar pukul 03.00 WIB terjadi lonjakan hingga 11.486 laporan yang menyatakan bahwa ada kerusakan dalam Facebook.

Sebagian besar dari pengguna mengaku tidak bisa melakukan login, tidak dapat melihat News Feed, bahkan sampai mengalami tampilan kosong tanpa ada konten sekalipun.

Tak hanya Instagram dan Facebook, layanan lainnya milik raksasa media sosial itu, yakni WhatsApp juga dilaporkan mengalami hal yang sama. Pada pukul 03.00 WIB, ada 968 laporan yang diterima oleh DownDetector bahwa WhatsApp juga mengalami kerusakan.

Pengguna kebanyakan tidak bisa mengirim atau menerima pesan, termasuk mengirimkan dan menerima gambar. Hingga berita ini diturunkan, Instagram maupun WhatsApp masih belum bisa diakses dengan normal.

Kasus Instagram dan Facebook Down ini berselang 1 hari dari kasus Gmail Down. Layanan pesan elektronik tersebut dikabarkan mengalami system down dan sudah banyak pengguna yang mengeluhkan tidak bisa mengakses layanan tersebut sejak pagi ini, Rabu (13/3/2018).

{Baca juga: Layanan Gmail Down, Ada Apa?}

Google memberikan penjelasan terkait tumbangnya layanan pesan Gmail dan Google Drive yang terjadi beberapa jam yang lalu. Raksasa pencarian ini mengaku masih melakukan penyelidikan terkait penyebab Gmail down.

Menurut laporan The Guardian, seperti dilansir Telset.id pada Rabu (13/03/2019), Google  langsung “gerak cepat” dengan mencari penyebab kerusakan pada layanannya. (NM/FHP)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Benarkah Tabrakan Galaksi Pacu Pembentukan Tata Surya?

Telset.id, Jakarta - Para ilmuwan mengemukakan bahwa peristiwa tabrakan dalam skala kolosal berupa jatuhnya dua galaksi kemungkinan telah membuka...

Rekomendasi 10 Aplikasi Karaoke Terbaik Android 2020

Telset.id, Jakarta - Pandemi Covid-19 membuat banyak tempat karaoke ditutup sementara. Tetapi bagi Anda yang hobi bernyanyi atau karaoke...

China Siap Balas Kanada Menyoal Putusan Ekstradisi Bos Huawei

Telset.id, Jakarta - Putusan pengadilan yang mengizinkan ekstradisi bos Huawei, Meng Wanzhou, ke Amerika Serikat (AS) pada Rabu (27/5/2020)...

Muncul di Kelas Zoom Anaknya Sambil Telanjang, Ibu Ini Ngakak

Telset.id, Jakarta  - Seorang ibu tiga anak asal Jacksonville, Florida, AS, Ashley Foret Smith, secara tidak sengaja membuat penampakan...

Benarkah iPhone 12 Bakal Hadir dengan Warna Navy Blue?

Telset.id, Jakarta - Apple disebut-sebut akan menghilangkan warna Midnight Green di iPhone 12, untuk kemudian diganti dengan Navy Blue....
- Advertisement -