Riot Games Rekrut Ahli Budaya Kerja, untuk Apa?

Telset.id,Jakarta – Perusahaan pengembang Riot Games telah merekrut seorang Chief Diversity Officer untuk memperbaiki masalah budaya kerja di tempat mereka.

Hal ini terkait investigasi dari situs web Kotaku yang melaporkan bahwa budaya kerja di Riot Games cenderung seksis dan beracun.

Dilansir Telset.id dari The Verge pada Minggu (03/03/2019) laporan yang dirilis pada Agustus 2018 lalu membuat perusahaan pengembang game League of Legends ini terguncang.

Tak mau lama terpuruk, mereka pun merekrut Angela Roseboro sebagai Chief Diversity Officer yang sebelumnya juga sempat bekerja sebagai Dropbox di divisi yang sama.

Riot mengkonfirmasi perekrutannya kepada wartawan tetapi tidak segera memberikan komentar tentang perekrutan Roseboro.

Dalam sebuah pernyataan di posting blog Riot, Roseboro berkata bahwa dirinya tidak sabar untuk memulai untuk membangun budaya keberagaman disana.

“Kami memiliki budaya yang merangkul keunikan dari setiap Rioter dan komunitas di mana setiap orang merasa memiliki,” tulis Roseboro.

Rekrutmen terjadi setengah tahun setelah Riot pertama kali menanggapi secara publik laporan Kotaku dengan postingan diblog berjudul “Our First Steps Forward”.

Pada postingan tersebut pimpinan perusahaan mengakui dugaan seksisme dan praktik dan perilaku disfungsional di tempat kerja, perilaku meminta maaf, dan berjanji untuk secara menyeluruh menemukan kembali budaya dan memperbaiki semuanya.

{Baca juga: Gara-gara Budaya Perusahaan, Dua Karyawan Riot Games Keluar}

“Kami meminta maaf. Kami menyesal bahwa Riot tidak selalu atau tidak adalah tempat yang kami janjikan kepada Anda, “tulis posting itu.

Langkah-langkah selanjutnya yang rinci dari Riot kemudian mencakup perluasan tim keanekaragamannya seperti memastikan kata “gamer” tidak disalahgunakan dengan konotasi seksis selama perekrutan dan dalam rapat internal, mempekerjakan konsultan luar untuk mengaudit praktik perusahaan, menyiapkan hotline anonim dan memperluas pelatihan staf.

Salah satu langkah juga termasuk memulai pencarian petugas keanekaragaman budaya kerja yang tepat. Kerusuhan memperbarui pos bulan lalu dengan mengatakan telah mensurvei 1.700 karyawan untuk mencari tahu ke mana perusahaan harus pergi dari sana.

{Baca juga: Raup Rp 33,7 Triliun, Fortnite Kuasai Industri Game 2018}

Namun, dampak dari praktik buruk perusahaan telah terlampau parah. November 2018 lalu, seorang karyawan dan mantan karyawan menggugat Riot Games dalam gugatan class action untuk pelanggaran seperti diskriminasi berbasis gender, pelecehan seksual, dan upah yang tidak setara.

Ini menguraikan kondisi yang pertama kali dilaporkan oleh Kotaku, mengatakan Riot memiliki praktik perekrutan yang tidak adil yang disukai pria dan memungkinkan budaya di mana pria bisa membuat lelucon cabul tanpa balas dendam.

Bahkan ketika itu Chief Operating Officer, Scott Gelb diduga telah melakukan pelecehan seksual. Pihak Riot Games pun pada bulan desember melakukan skorsking tanpa gaji kepada Gelb selama 2 bulan. (NM/HBS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI