Raup Rp 33,7 Triliun, Fortnite Kuasai Industri Game 2018

Telset.id, Jakarta – Game Fortnite menjadi jawara di industri game di kategori game gratis untuk tahun 2018. Menurut analisis dari perusahaan riset pasar SuperData, game buatan Epic Games tersebut meraup pendapatan tertinggi sebanyak $ 2,4 miliar atau setara Rp 33,7 triliun.

Dilansir Telset.id dari CNET pada Senin (11/02/2019), SuperData telah merilis daftar 10 game gratis yang mendapat penghasilan terbesar di sepanjang tahun 2018.

Selain Fortnite yang berada di urutan pertama, ada juga game Dungeon Fighter Online buatan Nexon dengan pendapatan $ 1,5 miliar atau Rp 21 triliun, dan League of Legends buatan Riot Games dan Tencent’s yang berada di posisi ketiga dengan pendapatan $ 1,4 miliar atau Rp 19,6 triliun.

Selain kategori game gratis, SuperData juga merilis daftar game berpendapatan tertinggi untuk kategori PC dan game konsol premium di tahun 2018.

{Baca juga: Jumlah Pemain Fortnite Hampir Sebanding Populasi Indonesia}

Sumber: SuperData

Untuk kategori ini, game PlayerUnknow Battlegrounds (PUBG) dari pengembang Bluehole mendapat penghasilan tertinggi dengan kisaran hingga mencapai $ 1,03 miliar atau Rp 14,4 triliun.

Setelah PUBG, di urutan kedua ada game FIFA 18 besutan Electronic Arts (EA) dengan pendapatan sebesar $ 790 juta atau Rp 11 triliun, dan urutan selanjutnya ada Grand Theft Auto V (GTA) dengan pendapatan $ 628 juta atau Rp 8,8 triliun.

Sumber: SuperData

Sementara untuk pasar streaming game, laporan SuperData menyebutkan bahwa layanan Twitch adalah platform streaming video game paling banyak meraup untung, dengan pendapatan mencapai $ 1,6 miliar atau Rp 22,4 triliun.

Dengan mengantongi pendapatan sebesar itu, Twitch berhasil melampaui pendapatan yang diraih YouTube sekitar 33 persen, meskipun Twitch memiliki audiens yang jauh lebih kecil.

Layanan streaming lainnya seperti Tyler Blevins alias Ninja, juga meraup hampir $ 10 juta atau Rp 140,4 miliar di tahun lalu, berkat Fortnite dan platform streaming seperti Twitch dan YouTube.

Seperti diketahui bahwa Ninja memiliki lebih dari 20 juta pelanggan di YouTube dan lebih dari 12,5 juta pengikut di layanan streaming video Twitch.

{Baca juga: Wuihh! Ada Konser DJ Marshmello di Fortnite}

Selain itu, karena kesuksesan besar Fortnite, SuperData meramalkan bahwa video game akan menjadi multiplatform pada tahun 2019. Peluncuran jaringan seluler 5G juga akan membantu pengembang menawarkan lebih banyak layanan cloud gaming. [NM/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI