LK21 aka Layarkaca21, Aplikasi Nonton Film Gratis Paling Ngehits

Telset.id – Situs streaming nonton film online bukan hal baru bagi penikmat film gratisan Indonesia. Salah satu situs nonton film gratis yang paling populer dan banyak diburu adalah Layarkaca21 atau yang akrab disebut LK21.

Pada akhir tahun lalu netizen dihebohkan dengan kabar bawa situs IndoXXI memutuskan akan menutup situsnya. Tentu kabar itu cukup mengejutkan, karena sebenarnya IndoXXI memiliki banyak pengguna di Indonesia.

Tapi apakah dengan pensiunnya IndoXXI, lantas Indonesia sudah “bersih” dari situs yang menawarkan film bajakan di dunia maya? Tentu saja tidak. Karena nyatanya masih banyak situs sejenis yang bisa Anda jumpai.

Salah yang paling menonjol adalah Layarkaca 21. Situs yang juga sering disebut dengan LK21 ini merupakan salah satu situs nonton film gratis paling diburu penikmat film, menggantikan posisi IndoXXI yang pamit pada awal tahun lalu itu.

Meski bukan pemain baru, nama LK21 semakin melejit di kalangan penikmat film gratisan, pasca pensiunnya IndoXXI. Bahkan penggunanya tidak ambil pusing harus bersusah payah berburu link situs streaming film gratis yang kerap gonta-ganti domain ini.

Ya, sama seperti dengan kompatriotnya dulu, LK21 juga menerapkan strategi ‘kucing-kucingan’ untuk menghindari pemblokiran. Trik mengganti domain nampaknya memang cukup ampuh dipakai para pembuat situs nonton film gratis untuk bisa bertahan hidup.

LK21 Paling Ngehits

Sebenarnya banyak sekali situs film online yang bisa Anda dapatkan. Lalu kenapa LK21 bisa menjadi yang ngehits atau populer di Indonesia? Dari hasil pengamatan kami, ada alasan utama kenapa LK21 sangat populer dan banyak disukai penikmat film gratisan.

Alasan utama karena LK21 tidak hanya menawarkan layanan nonton film gratis, tapi juga karena inventory film yang ada di LK21 tergolong lengkap, bahkan jika dibandingkan dengan layanan berbayar.

Dari pantauan kami, film-film yang baru tayang di bioskop saja bahkan sudah bisa dinikmati di situs tersebut dengan kualitas film HD atau bahkan Bluray. Maka jangan heran jika situs ini sangat populer dan paling diburu, bahkan sejak dari awal mereka menggunakan domain dotcom, dottv, dotdgital, hingga alamat IP.

Jika menilik sejarahnya, situs LK21 pertama kali eksis pada sekitar 5-6 tahun yang lalu. Saat pertama kemunculannya itu, pembuat situs streaming film ini sering posting di forum-forum untuk mempromosikan layanan mereka dengan memakai nama domain LayarKaca21.com dan LK21.org.

Saat itu, mereka mengaku film-film yang ada di situs mereka bersumber dari Ganool. Mungkin bagi anak 90-an sudah sangat familiar dengan Ganool, yaitu situs download film yang sangat populer di era P2P sharing atau lebih populer dengan istilah Torrent.

Kala itu, Torrent memang menjadi pusat berbagi file, film-film bajakan sangat mudah di-download. Bahkan saat itu banyak produsen DVD bajakan yang menjadikan Torent sebagai sumber konten mereka.

{Baca juga: 5 Aplikasi Musik Streaming Terbaik di Android & iOS}

Sementara Ganool sendiri di Indonesia sendiri bisa dibilang menjadi sumber rujukan dari banyak situs streaming film gratisan untuk mendownload film-film dan mereka sajikan secara streaming di situs mereka.

Ganool mungkin seperti Torrent-nya Indonesia, yang memberikan kemudahan bagi pengguna internet yang kurang familiar dengan Torrent. Mereka menyediakan situs untuk download film gratis, lengkap dengan subtitle berbahasa Indonesia.

Nah, LK21 diketahui menjadi salah satu “pelanggan” Ganool di awal-awal tahun kemunculannya. Seiring berjalannya waktu, pamor Layakaca21 atau LK21 semakin populer di Indonesia hingga sekarang.

Pundi-pundi LK21

Bisa dibilang, “berbisnis” layanan streaming film illegal sangat menguntungkan. Bagaimana tidak, situs-situs ini bisa meraup untung besar dari pendapatan yang didapat dari iklan-iklan yang bertebaran di situs mereka.

LK21 menjadi salah satu situs yang mengeruk keuntungan dari bisnis ilegal ini. Dari hasil penelusuran kami berdasarkan analisis trafik Alexa pada tahun 2017, LK21 bisa memiliki 8 juta orang per hari.

Itu artinya, jika setiap pengunjung bisa menghasilkan Rp 10 setiap iklan diklik, maka sang pemilik situs akan bisa mengantongi keuntungan hingga Rp 80 juta per hari.

Para pemilik situs ini bisa menarik keuntungan dari setiap klik iklan-iklan yang bertebaran di laman web. Maka, jangan heran jika laman situs-situs streaming film banyak dipenuhi iklan, termasuk di LK21.

Berbagai trik dilakukan agar mereka bisa mendapatkan klik sebanyak-banyaknya. Biasanya mereka akan ‘memaksa’ pengguna untuk mengklik iklan dengan cara memasang iklan pop-up.

Para pengguna akan diarahkan mengklik iklan tersebut, sebelum bisa membuka film yang ingin ditonton. Meski begitu, tidak pernah ada protes dari para penggunanya. Faktanya situs-situs ini masih tetap ramai diburu.

Dengan kata lain, para penikmat film juga berkontribusi terhadap pemasukan para penyedia layanan, karena mereka secara ‘sukarela’ meng-klik iklan-iklan yang dijajakan di situs streaming film semacam LK21 dkk.

Dengan cara ini, LK21 dan situs nonton film online lainnya bisa mengeruk keuntungan besar dari iklan. Pengguna memang tidak harus membayar untuk bisa menikmati film di situs LK21, alias gratis.

Itu sebabnya, banyak orang yang sangat suka mengunjungi situs-situs semacam ini untuk bisa menonton film-film favorit mereka, termasuk film yang baru tayang di bioskop. Apalagi kondisi pandemi seperti sekarang yang mewajibkan orang untuk tidak bepergian.

Seperti kita tahu, pemerintah telah membuat aturan social distancing atau PSBB, yang akhirnya memaksa semua bioskop berhenti beroperasi. Kondisi ini secara tidak langsung ikut menyuburkan bisnis situs streaming film seperti LK21 dan situs lainnya.

32 KOMENTAR

  1. BINTANGFILM21 adalah sebuah website hiburan yang menyajikan streaming film atau download movie gratis. Subtitle Indonesa.

    Perlu diketahui, film-film yang terdapat pada web ini didapatkan dari web pencarian di internet. Kami tidak menyimpan file film tersebut di server sendiri dan kami hanya menempelkan link-link tersebut di website kami.

  2. Kalau saya sukanya nongkrongin di web 21fiLem banyak film baru dan terlengkap juga g kalah lah sama indoxxi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here