LK21 aka Layarkaca21, Aplikasi Nonton Film Gratis Paling Ngehits

Telset.id – Situs streaming nonton film online bukan hal baru bagi penikmat film gratisan Indonesia. Salah satu situs nonton film gratis yang paling populer dan banyak diburu adalah Layarkaca21 atau yang akrab disebut LK21 movie.

Pada akhir tahun lalu netizen dihebohkan dengan kabar bawa situs IndoXXI memutuskan akan menutup situsnya. Tentu kabar itu cukup mengejutkan, karena sebenarnya IndoXXI memiliki banyak pengguna di Indonesia.

Tapi apakah dengan pensiunnya IndoXXI, lantas Indonesia sudah “bersih” dari situs yang menawarkan film bajakan di dunia maya? Tentu saja tidak. Karena nyatanya masih banyak situs sejenis yang bisa Anda jumpai.

Salah yang paling menonjol adalah Layarkaca 21. Situs yang juga sering disebut dengan LK21 ini merupakan salah satu situs nonton film gratis paling diburu penikmat film, menggantikan posisi IndoXXI yang pamit pada awal tahun lalu itu.

Meski bukan pemain baru, nama LK21 semakin melejit di kalangan penikmat film gratisan, pasca pensiunnya IndoXXI. Bahkan penggunanya tidak ambil pusing harus bersusah payah berburu link situs streaming film gratis yang kerap gonta-ganti domain ini.

Ya, sama seperti dengan kompatriotnya dulu, LK21 juga menerapkan strategi ‘kucing-kucingan’ untuk menghindari pemblokiran. Trik mengganti domain nampaknya memang cukup ampuh dipakai para pembuat situs nonton film gratis untuk bisa bertahan hidup.

BACA JUGA:

LK21 Paling Ngehits

Layarkaca21 Sebenarnya banyak sekali situs film online yang bisa Anda dapatkan. Lalu kenapa LK21 bisa menjadi yang ngehits atau populer di Indonesia? Dari hasil pengamatan kami, ada alasan utama kenapa LK21 sangat populer dan banyak disukai penikmat film gratisan.

Alasan utama karena LK21 tidak hanya menawarkan layanan nonton film gratis, tapi juga karena inventory film yang ada di LK21 tergolong lengkap, bahkan jika dibandingkan dengan layanan berbayar.

Dari pantauan kami, film-film yang baru tayang di bioskop saja bahkan sudah bisa dinikmati di situs tersebut dengan kualitas film HD atau bahkan Bluray. Maka jangan heran jika situs ini sangat populer dan paling diburu, bahkan sejak dari awal mereka menggunakan domain dotcom, dottv, dotdgital, hingga alamat IP.

Jika menilik sejarahnya, situs LK21 pertama kali eksis pada sekitar 5-6 tahun yang lalu. Saat pertama kemunculannya itu, pembuat situs streaming film ini sering posting di forum-forum untuk mempromosikan layanan mereka dengan memakai nama domain LayarKaca21.com dan LK21.org.

Saat itu, mereka mengaku film-film yang ada di situs mereka bersumber dari Ganool. Mungkin bagi anak 90-an sudah sangat familiar dengan Ganool, yaitu situs download film yang sangat populer di era P2P sharing atau lebih populer dengan istilah Torrent.

Kala itu, Torrent memang menjadi pusat berbagi file, film-film bajakan sangat mudah di-download. Bahkan saat itu banyak produsen DVD bajakan yang menjadikan Torent sebagai sumber konten mereka.

Baca juga: Aplikasi Musik Streaming Terbaik di Android & iOS

Sementara Ganool sendiri di Indonesia sendiri bisa dibilang menjadi sumber rujukan dari banyak situs streaming film gratisan untuk mendownload film-film dan mereka sajikan secara streaming di situs mereka.

Ganool mungkin seperti Torrent-nya Indonesia, yang memberikan kemudahan bagi pengguna internet yang kurang familiar dengan Torrent. Mereka menyediakan situs untuk download film gratis, lengkap dengan subtitle berbahasa Indonesia.

Nah, LK21 diketahui menjadi salah satu “pelanggan” Ganool di awal-awal tahun kemunculannya. Seiring berjalannya waktu, pamor Layakaca21 atau LK21 semakin populer di Indonesia hingga sekarang.

Pundi-pundi LK21

Bisa dibilang, “berbisnis” layanan streaming film illegal sangat menguntungkan. Bagaimana tidak, situs-situs ini bisa meraup untung besar dari pendapatan yang didapat dari iklan-iklan yang bertebaran di situs mereka.

LK21 menjadi salah satu situs yang mengeruk keuntungan dari bisnis ilegal ini. Dari hasil penelusuran kami berdasarkan analisis trafik Alexa pada tahun 2017, LK21 bisa memiliki 8 juta orang per hari.

Itu artinya, jika setiap pengunjung bisa menghasilkan Rp 10 setiap iklan diklik, maka sang pemilik situs akan bisa mengantongi keuntungan hingga Rp 80 juta per hari.

Para pemilik situs ini bisa menarik keuntungan dari setiap klik iklan-iklan yang bertebaran di laman web. Maka, jangan heran jika laman situs-situs streaming film banyak dipenuhi iklan, termasuk di LK21.

Berbagai trik dilakukan agar mereka bisa mendapatkan klik sebanyak-banyaknya. Biasanya mereka akan ‘memaksa’ pengguna untuk mengklik iklan dengan cara memasang iklan pop-up.

Para pengguna akan diarahkan mengklik iklan tersebut, sebelum bisa membuka film yang ingin ditonton. Meski begitu, tidak pernah ada protes dari para penggunanya. Faktanya situs-situs ini masih tetap ramai diburu.

Dengan kata lain, para penikmat film juga berkontribusi terhadap pemasukan para penyedia layanan, karena mereka secara ‘sukarela’ meng-klik iklan-iklan yang dijajakan di situs streaming film semacam LK21 dkk.

Dengan cara ini, LK21 dan situs nonton film online lainnya bisa mengeruk keuntungan besar dari iklan. Pengguna memang tidak harus membayar untuk bisa menikmati film di situs LK21, alias gratis.

Itu sebabnya, banyak orang yang sangat suka mengunjungi situs-situs semacam ini untuk bisa menonton film-film favorit mereka, termasuk film yang baru tayang di bioskop. Apalagi kondisi pandemi seperti sekarang yang mewajibkan orang untuk tidak bepergian.

Seperti kita tahu, pemerintah telah membuat aturan social distancing atau PSBB, yang akhirnya memaksa semua bioskop berhenti beroperasi. Kondisi ini secara tidak langsung ikut menyuburkan bisnis situs streaming film seperti LK21 dan situs lainnya.

Kenapa LK21 Disukai?

Seperti yang sudah kami sebutkan di atas, ada beberapa kelebihan yang membuat LK21 disukai dan sangat populer di Indonesia. Situs ini menyajikan banyak sekali film dengan berbagai genre.

Selain itu koleksi film yang ada di LK21 tergolong lengkap, bahkan jika dibandingkan dengan layanan berbayar, semakan Netflix, Iflix, dll.

Kami mencatat ada beberapa kelebihan yang bisa Anda dapatkan dengan menonton film di  LK21 atau Layarkaca21:

Koleksi Film Lengkap Terupdate

Meskipun memberikan layanannya secara gratis, judul film di LK21 selalu terupdate dengan cepat. Setiap kali ada film baru dirilis, tidak butuh waktu lama film yang Anda ingin tonton akan ada di aplikasi ini.

Kualitas Film Bluray 1080p yang Jernih

Pasti Anda sudah tahu, kalau umumnya penyedia layanan film gratisan tidak memperhatikan kualitas filmnya. Banyak yang gambarnya pecah, sehingga tidak nyaman saat ditonton.

Nah, masalah itu tidak akan Anda temukan di LayarKaca21 (LK21), karena hampir semua filmnya sudah Bluray 1080p.

Kualitas Suara HD dengan Surround 5.1

Tidak hanya menawarkan kualitas gambar yang baik, tapi juga suara di LK21 sudah sampai Surround 5.1. Hal ini tentu saja akan membuat Anda bisa menikmati suara seperti di bioskop sungguhan.

Apalagi kalau memakai speaker atau headphone dengan kualitas yang bagus, Anda akan lebih bisa menikmati suara yang “nendang”.

Server Download Cepat

Nah ini paling jadi favorit. Mendownload film lewat LayarKaca21 (LK21) ternyata tidak memakan waktu lama. Kami telah membuktikannya langsung, dimana hanya butuh 10 menit saja untuk men-download satu film.

Itu bisa Anda dapatkan karena server download dan upload-nya full speed, tidak ada pengurangan sama sekali.

BACA JUGA:

5 Alasan Nonton LK21 Lebih Asyik di HP

Layarkaca21

Selain menjadi situs download, LK21 juga mengeluarkan aplikasi mobile untuk Android. Jadi, selain nonton gratis dan download film di PC, pengguna pun dapat nonton dan download film di LK21 via smartphone.

Lalu mana yang lebih baik, apakah menikmatinya via PC atau smartphone? Memang tergantung dari selera masing-masing pengguna. Tapi jika disuru memilih, kami merekomendasikan untuk download dari versi aplikasi mobile-nya.

Ada 5 alasan kenapa kami merekomendasikan Anda untuk mendownload versi aplikasi ketimbang versi web. Berikut ini 5 alasannya:

1. Langsung Nonton di Ponsel

Alasan berikutnya yang tak kalah menarik adalah, jika ingin mengunduh film yang berukuran besar, Anda bisa menontonnya dulu sebelum mengunduh filmnya secara penuh.

Anda boleh menonton film secara online (streaming) hingga selesai, atau cukup ditonton sebentar sebagai preview sebelum download. Dengan begitu, Anda tidak akan salah download film.

2. Cepat dan Hemat Kuota

Berbeda dengan versi web-nya yang membuat Anda harus berulang-ulang melakukan download pages, di versi app ini tidak akan Anda jumpai. Hasilnya, Anda bisa nonton film online dari LayarKaca21 (LK21) lebih cepat dan hemat kuota.

3. Lebih Nyaman karena Minim Iklan

Alasan kedua ini jadi salah satu yang menjadi favorit. Berbeda dengan versi web-nya yang penuh dengan iklan yang mengganggu, versi aplikasi LK21 jauh lebih minim iklan. Hal itu membuat Anda lebih nyaman saat mencari dan download film.

4. Bisa Berbagi dengan Teman

Berbagai itu indah. Ya, dengan aplikasi ini Anda bisa lebih mudah berbagi film-film baru dengan teman atau saudara via smartphone. Caranya sangat mudah, cukup klik “Share”, maka Anda bisa berbagi di media social seperti Facebook atau Whatsapp dan aplikasi lainnya.

5. Ada Notifikasi Film Baru

Ini yang jarang ada di aplikasi download film. Yup, notifikasi film baru. Jadi, ketika ada film baru, Anda akan mendapatkan notifikasi di ponsel via aplikasi Nonton LK21.

Keberadaan fitur ini membuat Anda tidak akan ketinggalan film-film baru. Sangat membantu, karena Anda tak perlu repot mencari informasi film baru di internet lebih dulu.

Untu mengetahui cara download nonton film aplikasi LK21 via PC dan smartphone, Anda bisa membaca tutorialnya pada artikel di bawah ini:

BACA TUTORIAL: Cara Download Film LayarKaca21 (LK21) di PC dan HP

Alternatif Situs Streaming Film, Selain LK21

Ada banyak situs streaming film gratisan yang bisa Anda temui di Internet, sejenis dengan LK21 (LayarKaca21). Meski memang sedikit butuh effort untuk mencarinya, karena situs-situs ini sering berganti-ganti domain.

Tapi jangan panik dulu. Meski situs nonton film online gratis memang sering kucing-kucingan berganti domain, tapi biasanya mereka meninggalkan pesan untuk memberitahukan “jejak pelarian” mereka.

Yups, jika kalian sedikit telaten untuk memburunya, situs streaming film gratis ini masih cukup mudah untuk melacaknya. Kami bahkan menemukan cukup banyak situs alternatif yang mirip-mirip LK21, yang bisa kamu dapatkan linknya.

Bahkan situs-situs baru yang bermunculan ini tak kalah dengan LK21. Koleksi film yang ditawarkan tergolong lengkap, dan kualitas gambarnya yang cukup bagus.

Selain LK21, kini juga bermunculan situs serupa. Sebut saja seperti RoomCinema21, Bioskop, DuniaFilm21, BioskopGaul, NontonFilm.site, LayarMovie, FilmBioskop88, BioskopKeren, Moviegan, Muviku, Cinema21, GudangFilm, IndXXI, MovieCC1, dan masih banyak lagi.

9 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI