Lenovo Perkenalkan ThinkPad L390 Yoga dengan Keamanan Berlapis

Telset.id, Jakarta – Mengawali tahun 2019, Lenovo memperkenalkan laptop terbaru yang masuk ke seri ThinkPad. Adalah Lenovo ThinkPad L390 Yoga yang ditujukan untuk pengguna di kalangan bisnis dan menawarkan sistem keamanan berlapis.

“Ini untuk bisnis, dari small business sampai enterprise business. Jadi harus benar-benar aman,” kata Azis Wonosari, Technical Manager Lenovo Indonesia, saat Lenovo Media Workshop ThinkPad L390, di Jakarta, Selasa (19/02/2019).

Dijelaskan Azis, ada sejumlah sistem keamanan yang bisa digunakan oleh pengguna untuk mengamankan laptopnya dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab atau kejadian yang tidak diinginkan.

{Baca juga: Lenovo ThinkPad P1 Diluncurkan, Workstation dengan Intel Xeon}

Keamanan tersebut seperti sistem pengenalan wajah berbasis IR Camera yang terintegrasi langsung dengan sistem Windows Hello dari Microsoft. Kemudian, sensor sidik jari yang didukung oleh algoritma khusus untuk mengatasi kecurangan dari pihak tak bertanggung jawab.

“Agar fingerprint tidak dicurangi, kami menggunakan algoritma Anti-Spoofing,” jelas Azis.

Yang menarik, Lenovo ThinkPad L390 Yoga juga telah memiliki Security Chip. Perlu diketahui, chip itu berguna untuk menyimpan encryption key yang digunakan untuk mengamankan atau mengunci data atau hardisk yang dienkripsi menggunakan beberapa tools.

Seperti di Windows 10 Pro misalnya, ada tools bernama BitLocker. Apabila laptop tidak memiliki Security Chip, maka penyimpanan dari encryption key itu dinilai tidak aman, dan membuat pengguna “terpaksa” menyimpan key ke sebuah media penyimpanan terpisah.

Selain itu, terdapat juga Fido Authenticators. Sistem ini, mampu mengunci akun online pengguna seperti Gmail, Facebook, dan situs lain yang mendukung Fido agar hanya dapat digunakan atau diakses di satu laptop saja.

“Sistem bisa diperintahkan agar akun secara online hanya bisa digunakan di satu komputer saja,” ucap Azis.

{Baca juga: Alasan Asus “Berani” Gabungkan AMD dan Nvidia}

Lenovo ThinkPad L390 Yoga sendiri mengusung layar sentuh berukuran 13,3 inci dengan resolusi FHD dan sudah mendukung input dari ThinkPad Pen Pro. Laptop ini dikemas dengan desain khas ThinkPad yang terkesan “kaku” dan tegas, dengan pilihan warna Black dan Silver.

Di sektor dapur pacunya, digunakan prosesor Intel Core i3-8145U, i5-8265U, dan i7-8565U, GPU integrated Intel HD 620, RAM up to 32 GB DDR4, ROM up to 512 GB PCIe SSD, dan baterai 45Whr.

“Sudah mendukung Rapid Charge yang bisa mengisi baterai sampai 80% dalam waktu 1 jam,” klaim Azis.

Lenovo ThinkPad L390 Yoga sudah tersedia untuk dipesan, dan akan tersedia secara offline pada bulan Maret mendatang. Untuk harganya, diperkirakan laptop ini dilepas dengan harga USD 885 atau Rp 12,4 jutaan. (FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

September 2020, YouTube Setop Kontribusi Teks Komunitas

Telset.id, Jakarta  – Mulai 28 September 2020 mendatang, YouTube bakal menghentikan kontribusi teks komunitas. Kebijakan itu muncul sebagai respons...

Begini Cara Cek Data Nasabah KreditPlus yang Bocor

Telset.id - Ratusan ribu data nasabah KreditPlus bocor di internet. Bagi Anda nasabah KreditPlus, Anda bisa mengecek apakah Anda...

Youtuber Jangan Asal Sebar Konten Obat Covid-19 Tanpa Verifikasi

Telset.id, Jakarta - Belajar dari kasus Anji mengenai obat Covid-19, para Youtuber diminta jangan asal menyebar informasi atau konten...

Spesifikasi Lengkap Oppo Reno4 Jelang Peluncuran

Telset.id, Jakarta - Oppo Indonesia telah memastikan bahwa mereka akan meluncurkan Oppo Reno4 pada tanggal 6 Agustus mendatang. Smartphone...

Kangen Kampus, Mahasiswa Ini Kuliah di Minecraft

Telset.id, Jakarta  – Saking kangennya sama kampus lantaran lama tak studi, mahasiswa Universitas Ashoka di India membuat simulasi kuliah...
- Advertisement -