Perluas Fitur AI, Facebook Caplok Startup GrokStyle

Telset.id, Jakarta – Facebook akan memperluas fitur berbasis AI (Artificial Intelligence) di platform mereka. Untuk itu, mereka kabarnya telah membeli startup dibidang AI bernama GrokStyle, untuk mengubah cara pengguna ketika belanja di Facebook.

Dilansir Telset.id dari Engadget pada Minggu (10/02/2019), GrokStyle sendiri sedang menciptakan teknologi pencarian visual yang memungkinkan Anda mengambil foto objek dunia nyata dan menggunakannya untuk mencari barang serupa secara daring.

Teknologi di GrokStyle cukup mirip dengan fitur yang kabarnya juga sedang dikembangkan di Aplikasi Ikea Place dengan nama “On First Sight”.

Pihak GrokStyle sendiri telah memposting surat perpisahan di situs webnya, tetapi tidak menyebutkan jika mereka telah diakuisisi Facebook.

Ia hanya mengatakan bahwa Facebook telah meruntuhkan bisnisnya dan karyawannya “bergerak sebagai sebuah tim.”

Tetapi seorang juru bicara Facebook mengkonfirmasi kepada Bloomberg bahwa mereka mengambil teknologi startup dan timnya untuk berkontribusi pada kemampuan AI yang dikembangkan GrokStyle.

{Baca juga: Kapok jadi Korban Hacker, Facebook Akuisisi Perusahaan Cybersecurity}

Juru bicara itu tidak merinci bagaimana tim dan teknologi di GrokStyle akan memperluas upaya AI Facebook. Tetapi mengingat sifat teknologi dan Facebook meluncurkan fitur AI lainnya untuk Marketplace di masa lalu.

Orang dapat berasumsi bahwa perusahaan tersebut ingin mengintegrasikan pencarian visual ke dalam bagian seperti Craigslist.

Mungkin suatu hari nanti, Anda akan dapat mengambil foto dari kursi beraksen hotel yang cantik itu dan menggunakan gambar itu untuk mencari tahu apakah ada pihak yang menjual kursi tersebut di Facebook.

Langkah Facebook mengakuisisi Startup demi mengembangkan fitur memang bukan yang pertama kali dilakukan. Sebelumnya pada Juli 2018 lalu Facebook telah merampungkan proses akuisisi perusahaan startupasal Israel bernama Redkix.

Perusahaan rintisan ini diduga akan ikut mengembangkan Workplace, platform sosial untuk bisnis buatan Facebook.

{Baca juga: Demi Workplace, Facebook Akuisisi Startup Israel}

Dilansir Reuters, Minggu (29/7/2018), proses pengambilalihan Redkix oleh Facebook sudah tuntas pada Kamis (26/7) lalu. Sebuah sumber menyebutkan, pihak Redkix menyetujui tawaran yang diajukan oleh Mark Zuckerberg dkk senilai kurang dari USD 100 juta. [NM/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI