Dibantu Jurnalis, Kini Microsoft Edge Punya Fitur Anti Hoaks

Telset.id, Jakarta – Microsoft Edge mendapatkan fitur baru yang membuatnya dapat mengidentifikasi konten hoaks atau berita palsu. Fitur anti hoaks ini bernama NewsGuard, yang dapat mengenali dan mencegah penyebaran hoaks di kalangan pengguna.

Menurut laporan phoneArena, seperti dilansir Telset.id pada Rabu (23/01/2019), NewsGuard menggunakan teknik jurnalisme untuk melawan hoaks dan informasi yang salah.

Microsoft menggandeng para jurnalis berpengalaman untuk meneliti berita online, sehingga membantu pengguna untuk mengetahui mana media yang membuat berita valid dan sesuai, berdasarkan teknik jurnalisme yang ada.

{Baca juga: Apple News Janji Tak Sebarkan Berita Palsu}

Perlu diketahui, hoaks atau berita palsu memang menjadi salah satu masalah utama yang mempengaruhi bisnis dan masyarakat pada umumnya.

Banyak platform telah mencoba untuk menambahkan filter yang akan mencegah hoaks yang ditayangkannya menjadi viral, meski tidak ada yang 100% efektif.

Microsoft pun terus berusaha untuk mencegah beredarnya hoaks dengan fitur NewsGuard dengan bantuan para jurnalis yang bisa melakukan verifikasi terhadap berita.

Fitur ini sendiri akan dirilis untuk pengguna Android via Google Play Store. Untuk pengguna iOS, Microsoft berjanji akan merilisnya, setelah melakukan pengujian fitur di perangkat iOS.

Selain Microsoft, Facebook juga melakukan berbagai strategi untuk melawan hoaks. Mereka menambah “pasukan perang” atau pekerja keamanan platform hingga 30 ribu orang.

{Baca juga: Lawan Hoaks, Facebook Tambah “Pasukan Perang”}

Hal itu disampaikan Director Global Politic & Goverment Outreach Facebook Katie Harbath kepada awak media di Jakarta. Menurutnya, penambahan pasukan keamanan platform itu untuk memberantas konten hoaks.

“Facebook telah menambah pekerja keamaan platform dari 10 ribu menjadi 30 ribu,” ucap Katie di Hotel Pullman Jakarta, Senin (21/01/2019)

Selain itu, Facebook juga mengerahkan teknologi Artificial Intelligence (AI) untuk mempelajari akun-akun menyimpang. “Biasanya akun tersebut dapat memposting di banyak group dalam 1 hari dan ketika baru dibuat langsung melakukan add friend dengan banyak akun,” ujar Katie. (NM/FHP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI