Facebook Ubah Akun Nukman Luthfie jadi “Akun Kenangan”

Telset.id, Jakarta – Kabar duka menghampiri dunia digital Indonesia. Salah satu pakar media sosial, Nukman Luthfie meninggal dunia di Yogyakarta pada Sabtu malam (12/01/2019). Sepeninggal Nukman, akun Facebook pribadinya pun berubah statusnya menjadi akun kenangan atau Memorialized Accounts.

Berdasarkan pantauan tim Telset.id saat mengakses halaman Facebook Nukman Luthfie, perubahan tersebut terlihat ketika munculnya notifikasi di bagian atas halaman profil dengan judul “Remembering Nukman Luthfie”.

“Kami berharap bahwa orang yang mencintai Nukman akan menemukan kenyamanan saat mengunjungi profilnya untuk mengingat dan merayakan perjalanan hidupnya,” tulis Facebook dalam notifikasi itu.

{Baca juga: Pakar Media Sosial Nukman Luthfie Meninggal Dunia}

Sekadar informasi, Facebook memang memiliki fitur yang mengubah akun penggunanya menjadi akun kenangan, ketika pengguna meninggal dunia. Tujuannya, agar teman-teman, keluarga atau orang-orang terdekat masih dapat berkumpul dan berbagi cerita di akun kenangan tersebut.

Untuk mengubah akun pengguna yang meninggal dunia menjadi akun kenangan, teman, anggota keluarga hingga pengguna yang ditunjuk sebagai ahli waris dalam aturan Legacy Contact Facebook diharuskan mengajukan permohonan ke Facebook melalui halaman Memorialization Request.

Nukman Luthfie

Di dalam permohonan, harus disertakan nama orang yang meninggal, sampai dokumen pendukung seperti surat kematian. Khusus bagi pengguna ahli waris, mereka bisa mengurus akun Facebook pengguna yang telah diubah menjadi akun kenangan atau memilih untuk menghapus akun tersebut.

{Baca juga: Pendiri Microsoft Meninggal Dunia, Bos Teknologi Berduka}

Nukman Luthfie sendiri menghembuskan napas terakhir akibat serangan stroke, setelah sebelumnya sempat dirawat di Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta selama hampir seminggu. Menurut sang adik, Lazuardi Nurdin, kakaknya meninggal dunia pada pukul 22.00 WIB, dan akan dimakamkan pada hari Minggu (13/01/2019) di Kendal, Jawa Tengah.

Nukman merupakan sosok dikenal sebagai pegiat dan pakar media sosial Indonesia. Pria kelahiran Semarang pada 24 September 1964 ini juga terbilang sangat aktif di Twitter dan Instagram dengan akun @nukman.

Ia juga banyak memberikan pandangan kepada warganet Tanah Air soal berperilaku di media sosial. Isu seputar hoaks, keamanan siber, hingga etika soal selfie di kawasan terdampak bencana pun tak luput dari perhatiannya. (FHP)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Samsung Garap Fitur Quick Share, Contek AirDrop Apple?

Telset.id, Jakarta - Samsung dilaporkan sedang mengembangkan fitur bernama Quick Share. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk kirim file antar smartphone...

Ngakak! Sejumlah TikTokers Pria Celupkan Testis ke Kecap

Telset.id, Jakarta - Ada-ada saja kelakuan pengguna TikTok yang bikin ngakak. Sejumlah TikTokers pria melakukan eksperimen aneh dengan celupkan...

Ucapan “Gong Xi Fa Cai” jadi Trending Topic di Twitter

Telset.id, Jakarta - Ucapan Gong Xi Fa Cai, Happy Chinese New Year, hingga Selamat Tahun Baru Imlek menjadi trending di...

Huawei Developer Conference Ditunda Akibat Virus Corona

Telset.id, Jakarta - Virus Corona tidak hanya berdampak pada banyak orang, tapi juga bagi perusahaan sekelas Huawei. Dilaporkan, ajang...

2020, Apple Garap Controller VR dan SoC iPhone Sekencang MacBook

Telset.id, Jakarta - Di tahun ini, Apple tidak hanya mempersiapkan lini seri iPhone 12 saja, tapi juga teknologi canggih...
- Advertisement -