Tak Dilirik Musisi, Apple Music Connect Dimatikan

Telset.id, Jakarta – Apple pernah membuat jejaring sosial khusus untuk musisi, bernama Apple Music Connect. Sayang, media sosial buatan raksasa teknologi asal Cupertino, Amerika Serikat ini nampaknya tidak terlalu populer.

Dilaporkan 9to5Mac, seperti dikutip Telset.id dari Ubergizmo, Senin (17/12/2018), Apple telah mengirim email kepada artis untuk memberitahukan bahwa Apple Music Connect dimatikan.

Apple menyebut bahwa langkah itu sebagai upaya untuk perampingan. Apple sedang menyederhanakan Music Discovery dengan menghapus Connect Post dari Artist Pages dan For You.

{Baca juga: Google Maps Kini Terkoneksi ke Spotify dan Apple Music}

Artinya, pengguna tidak lagi bisa mengunggah ke Connect Post mulai 13 Desember 2018. Namun, semua konten yang telanjur diunggah masih bisa ditelusuri hingga 24 Mei 2019 mendatang.

Meski Apple Music Connect dimatikan, Apple menegaskan bahwa pengguna masih bisa membuat Playlist Artist dengan Apple Music versi terbaru. Perusahaan besutan mendiang Steve Jobs ini pun telah memberikan panduan pemakaiannya.

{Baca juga: Apple Music Punya Fitur Top 100 Chart, Apa Istimewanya?}

Meski Apple Music Connect dimatikan, layanan Apple Music tetap menjadi layanan yang populer. Bahkan, Apple Music berhasil mengumpulkan sekitar 56 juta pengikut atau subscriber.

Apple sendiri sekarang terus memperluas jangkauan Apple Music, tidak hanya untuk perangkat miliknya saja. Beberapa waktu lalu misalnya, Apple memutuskan menghadirkan Apple Music di Amazon Echo, speaker pintar dengan asisten suara berbasis Artificial Intelligence (AI), Alexa.

{Baca juga: Keputusan Aneh, Apple Izinkan Apple Music di Amazon Echo}

Seperti diketahui, selama ini Apple telah mempertahankan layanan dan kemampuan software mereka seperti Apple Music, agar hanya dapat digunakan di ekosistem hardware Apple saja.

Misalnya, pengguna dapat memutar musik Spotify dari iPhone ke speaker Apple HomePod menggunakan AirPlay. Namun, mereka tetap tidak dapat memerintah Siri untuk mengontrol Spotify, karena Siri hanya diizinkan untuk dapat mengontrol Apple Music saja. (SN/FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Begini Cara Dapat Pendanaan dari KoinWorks

Telset.id, Jakarta - KoinWorks baru saja meluncurkan tiga layanan baru, salah satunya adalah KoinBisnis. Layanan KoinBisnis merupakan pendanaan yang...

Arab Saudi Bantah Dalangi Peretasan Smartphone Bos Amazon

Telset.id, Jakarta - Arab Saudi membantah laporan media yang menyatakan bahwa mereka berada di balik kasus peretasan smartphone bos Amazon....

Apple Batal Enkripsi iCloud Gara-gara FBI dan Trump

Telset.id, Jakarta - Apple membatalkan rencana mereka untuk mengizinkan pengguna iPhone enkripsi iCloud masing-masing. Pembatalan ini merupakan tindak lanjut...

Busana “Santuy” Bos Huawei Hadapi Persidangan di Kanada

Telset.id, Jakarta - Putri bos Huawei, Meng Wanzhou, kembali menjalani persidangan di pengadilan Vancouver, Selasa (21/01) waktu setempat. Di...

Qasir Hadirkan “Miqro”, Aplikasi Khusus untuk Usaha Mikro

Telset.id, Jakarta - Aplikasi karya anak bangsa, Qasir baru saja merilis aplikasi baru bernama Miqro. Aplikasi tersebut ditujukan untuk...
- Advertisement -