Rusia Selidiki Kebenaran Pendaratan di Bulan, Palsukah?

Telset.id,Jakarta – Seorang pejabat Rusia mengancam akan mencari tahu kebenaran pendaratan di bulan, apakah dipalsukan atau tidak.

Adalah Kepala Roscosmos (badan antariksa federal Rusia), Dmitry Rogozin, pejabat yang dimaksud. Antara becanda atau serius, ia membuat komentar dalam video yang diposting ke Twitter. Seraya menyeringai, Rogozin membuat ancaman, menunjukkan bahwa dia mungkin sedang bercanda.

“Kami telah menetapkan tujuan ini untuk terbang dan memverifikasi apakah mereka sudah pernah ada di sana atau tidak,” kata Rogozin.

Untuk diketahui, ini bukan pertama kalinya Rusia mengusulkan menyelidiki pendaratan di bulan. Pada 2015, Vladimir Markin, juru bicara Komite Investigasi Rusia, menulis kolom untuk surat kabar Izvestia yang menyerukan penyelidikan atas misi perintis bulan.

“Kami tidak membantah bahwa mereka tidak terbang (ke bulan) dan hanya membuat film tentang itu,” tulisnya.

Namun menurutnya, semua artefak ilmiah atau mungkin sejarah ini adalah bagian dari warisan kemanusiaan.  Hilangnya semua informasi tanpa jejak adalah kerugian kita bersama, dan  penyelidikan mereka akan mengungkap apa yang terjadi.

Di Amerika, 21 juta orang percaya bahwa pendaratan di bulan telah dipalsukan, meski telah ada foto-foto yang diambil dari teleskop di bumi dengan jelas menunjukkan bendera yang ditinggalkan dalam misi Apollo.

Pada tahun 2016, seorang akademisi Oxford melakukan perhitungan yang membuktikan bahwa pendaratan tersebut tidak dapat dipalsukan. Jika pendaratan di bulan benar tipuan, maka ada sekitar 411.000 orang yang terlibat, dan itu akan terungkap dalam tiga tahun dan delapan bulan.

Sementara itu, seorang fisikawan Inggris Dr David Grimes menyusun suatu cara matematis untuk menghitung kemungkinan suatu plot yang sengaja dibocorkan oleh pelapor pelanggaran atau tanpa sengaja ditemukan.

Dia mampu menunjukkan bahwa semakin banyak orang berbagi dalam konspirasi, semakin pendek umurnya. Untuk sebuah plot hingga lima tahun terakhir, jumlah maksimum plot berubah menjadi 2.521.

Untuk menjaga skema tetap beroperasi tanpa terdeteksi selama lebih dari satu dekade, kurang dari 1.000 orang dapat terlibat, sementara penipuan selama satu abad harus memasukkan kurang dari 125 kolaborator. [BA/IF]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Realme X50t 5G Siap Debut, Spek Mirip X50m 5G

Telset.id, Jakarta – Realme bisa kami sebut sebagai vendor yang paling aktif meluncurkan produk baru di 2020. Setelah baru...

LinkAja Layani Belanja Online di Pasar Tradisional

Telset.id, Jakarta - LinkAja bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menghadirkan layanan belanja online di pasar tradisional. Total ada...

Trafik Data XL Axiata Naik 25% Selama Lebaran 2020

Telset.id, Jakarta - XL Axiata mencatat kenaikan trafik penggunaan layanan data selama lebaran 2020 di tengah pandemi Covid-19 atau...

10 Antivirus Paling Ringan Terbaik untuk PC yang Lemot

Telset.id - Sering kali aplikasi antivirus dianggap sebagai penyebab laptop atau PC menjadi lemot. Hal tersebut karena antivirus berjalan...

Cara Balas Pesan WhatsApp Otomatis di HP Android

Telset.id - Kerap terjadi ketika kita sedang sibuk dengan pekerjaan, sampai lupa balas pesan WhatsApp dari teman, keluarga, atau...
- Advertisement -