Rusia Selidiki Kebenaran Pendaratan di Bulan, Palsukah?

Telset.id,Jakarta – Seorang pejabat Rusia mengancam akan mencari tahu kebenaran pendaratan di bulan, apakah dipalsukan atau tidak.

Adalah Kepala Roscosmos (badan antariksa federal Rusia), Dmitry Rogozin, pejabat yang dimaksud. Antara becanda atau serius, ia membuat komentar dalam video yang diposting ke Twitter. Seraya menyeringai, Rogozin membuat ancaman, menunjukkan bahwa dia mungkin sedang bercanda.

“Kami telah menetapkan tujuan ini untuk terbang dan memverifikasi apakah mereka sudah pernah ada di sana atau tidak,” kata Rogozin.

Untuk diketahui, ini bukan pertama kalinya Rusia mengusulkan menyelidiki pendaratan di bulan. Pada 2015, Vladimir Markin, juru bicara Komite Investigasi Rusia, menulis kolom untuk surat kabar Izvestia yang menyerukan penyelidikan atas misi perintis bulan.

“Kami tidak membantah bahwa mereka tidak terbang (ke bulan) dan hanya membuat film tentang itu,” tulisnya.

Namun menurutnya, semua artefak ilmiah atau mungkin sejarah ini adalah bagian dari warisan kemanusiaan.  Hilangnya semua informasi tanpa jejak adalah kerugian kita bersama, dan  penyelidikan mereka akan mengungkap apa yang terjadi.

Di Amerika, 21 juta orang percaya bahwa pendaratan di bulan telah dipalsukan, meski telah ada foto-foto yang diambil dari teleskop di bumi dengan jelas menunjukkan bendera yang ditinggalkan dalam misi Apollo.

Pada tahun 2016, seorang akademisi Oxford melakukan perhitungan yang membuktikan bahwa pendaratan tersebut tidak dapat dipalsukan. Jika pendaratan di bulan benar tipuan, maka ada sekitar 411.000 orang yang terlibat, dan itu akan terungkap dalam tiga tahun dan delapan bulan.

Sementara itu, seorang fisikawan Inggris Dr David Grimes menyusun suatu cara matematis untuk menghitung kemungkinan suatu plot yang sengaja dibocorkan oleh pelapor pelanggaran atau tanpa sengaja ditemukan.

Dia mampu menunjukkan bahwa semakin banyak orang berbagi dalam konspirasi, semakin pendek umurnya. Untuk sebuah plot hingga lima tahun terakhir, jumlah maksimum plot berubah menjadi 2.521.

Untuk menjaga skema tetap beroperasi tanpa terdeteksi selama lebih dari satu dekade, kurang dari 1.000 orang dapat terlibat, sementara penipuan selama satu abad harus memasukkan kurang dari 125 kolaborator. [BA/IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI