Gara-gara Bug, Instagram Beberkan Password Pengguna?

Telset.id, Jakarta – Instagram tanpa sengaja telah membeberkan password beberapa pengguna kepada publik. Hal ini terjadi karena adanya masalah bug yang mengakibatkan privasi pengguna menjadi terancam.

Dilansir Telset.id dari The Verge, Minggu (18/11/2018), pihak Instagram telah memberi tahu ke beberapa pengguna bahwa password mereka mungkin telah terpapar karena bug keamanan.

Seorang juru bicara Instagram bahkan mengatakan jika masalah tersebut ditemukan secara internal dan mempengaruhi sejumlah kecil orang.

Pihak Instagram pun mencari sumber dari bug tersebut. Mereka menemukan bahwa bug itu terkait dengan fitur terbaru mereka yang diluncurkan pada bulan April lalu. Fitur yang dimaksud adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengunduh semua data mereka.

Menurut Instagram beberapa pengguna menggunakan fitur itu memasukkan password mereka dalam URL di browser web, dan password disimpan di server Facebook, perusahaan induk Instagram.

Peneliti keamanan mengatakan kepada situs The Information bahwa bug ini bisa terjadi jika Instagram hanya menyimpan kata sandi pengguna dalam teks biasa yang sesungguhnya sangat beresiko kepada keamanan data.

Pihak Instagram pun membantah tudingan peneliti tersebut dengan mengatakan bahwa Instagram menjaga kata sandi pengguna dengan baik.

Instagram mengaku saat ini telah memperbaiki fitur tersebut sehingga kata sandi tidak akan terbuka dan memberi tahu pengguna bahwa mereka harus mengubah kata sandi sebagai tindakan pencegahan.

Selain itu juru bicara Instagram mengatakan bahwa jika seseorang mengirimkan informasi untuk masuk ke akun dengan menggunakan fitur “Download Your Data”, mereka dapat melihat informasi password di URL halaman.

Menurut juru bicara tersebut, dengan cara tersebut nantinya informasi tidak akan terekspos kepada orang lain, dan ini adalah langkah Instagram supaya hal ini tidak terjadi lagi.

Insiden adanya Bug juga sempat dialami Instagram pada Agustus tahun 2017 lalu. Mereka mengumumkan bahwa ada bug di dalam sistem mereka yang memungkinkan hacker untuk mengakses nomor telepon hingga alamat email dari pengguna.

Akibat bug ini, hacker berhasil mencuri data pribadi pengguna “high-class” Instagram, khususnya para selebriti dunia. Bug yang ditemukan di API (Application Programming Interface) yang digunakan Instagram untuk bisa terhubung dengan aplikasi lain.

Situs berbagi foto ini telah membuat langkah awal seperti memberitahukan semua pemilik akun yang telah terverifikasi tentan adanya kemungkinan jika informasi kontak mereka bocor.

Hal ini dilakukan media sosial tersebut untuk mengingatkan para pengguna agar lebih berhati-hati jika mereka menerima panggilan telepon, pesan teks, atau email yang tidak dikenal. [NM/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Rusia Pakai Robot Humanoid untuk Pangkas Birokrasi

Telset.id, Jakarta  - Sebuah robot mirip manusia yang dirancang untuk terlihat dan bertindak seperti petugas wanita mulai memberikan layanan...

Tokopedia Bantu Warung Tradisional Hadapi Covid-19

Telset.id, Jakarta - Tokopedia bantu warung tradisional untuk menghadapi pandemi Covid-19. Alasannya, karena warung tradisional adalah garda terdepan untuk...

Sstt! Baterai iPhone 12 Bakal Bikin Kecewa, Kenapa?

Telset.id, Jakarta  - Rumor menyebut bahwa baterai iPhone 12 bakal mengecewakan pengguna. Benarkah? Laporan MySmartPrice mengungkapkan, Apple mengurangi kapasitas...

Cegah “Zoombombing”, Google Meet Blokir Pengguna Anonim

Telset.id, Jakarta - Google menghadirkan fitur keamanan terbaru. Fitur keamanan ini akan blokir pengguna anonim yang masuk ke layanan...

Oppo 125W Flash Charge Bisa ‘Ngecas Full’ Cuma 20 Menit!

Telset.id, Jakarta - Oppo kembali menunjukkan diri sebagai pionir teknologi pengisian daya cepat dengan memperkenalkan Oppo 125W Flash Charge....
- Advertisement -