Bobol Instagram, Bocah 10 Tahun Terima Rp 133 Juta

Telset.id, Jakarta – Seorang anak berusia 10 tahun telah menerima uang sebesar USD 10.000 atau setara Rp 133 juta dari Facebook, setelah berhasil membobol Instagram.

Bocah asal Finlandia bernama Jani ini berhasil menemukan cara untuk menghapus komentar pengguna lain dari server Instagram. Menurutnya, hal ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan bug keamanan dalam kolom komentar aplikasi tersebut.

Jani memamerkan keahliannya ini di hadapan tim Instagram dengan menghapus komentar yang mereka posting dalam akun palsu (dibuat khusus untuk uji coba).

Menurut sang ayah, seperti dilaporkan situs berita Finlandia, Iltalehti, Jani dan saudara kembarnya terbilang cukup produktif dalam menemukan celah di situs yang tampaknya aman, tetapi pembobolan Instagram adalah pencapaian terbesar mereka sampai saat ini.

Hadiah USD 10.000 ini merupakan bagian dari program Bug Bounty milik Faceboo – yang juga memiliki Instagram – yang menawarkan imbalan untuk White Hat hacker dan peneliti lain yang menemukan bug atau kelemahan keamanan dalam kode mereka.

Pada 2015, Facebook dikabarkan membayar USD 936.000 untuk 210 peneliti yang berbeda. Demikian dilaporkan Engadget, Rabu (4/5/2016). [IF/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI