Karena Bug Instagram, Nomor Ponsel Artis Tersebar

Telset.id, Jakarta – Instagram secara mengejutkan mengumumkan bahwa ada bug di dalam sistem mereka yang memungkinkan hacker untuk mengakses nomor telepon hingga alamat email dari pengguna. Akibat bug ini, hacker berhasil mencuri data pribadi pengguna “high-class” Instagram, khususnya para selebriti dunia.

Dilansir dari The Verge, bug ini telah ditemukan pada Application Programming Interface (API) yang digunakan Instagram untuk bisa terhubung dengan aplikasi lain.

“Kami baru-baru ini menemukan bahwa satu atau beberapa individu memperoleh akses yang tidak sah ke sejumlah informasi kontak pengguna high-profile Instagram, khususnya alamat email dan nomor telepon dengan memanfaatkan bug dari API Instagram,” jelas pihak Instagram.

Instagram sendiri telah membuat langkah awal seperti memberitahukan semua pemilik akun yang telah terverifikasi tentan adanya kemungkinan jika informasi kontak mereka bocor. Hal ini dilakukan media sosial tersebut untuk mengingatkan para pengguna agar lebih berhati-hati jika mereka menerima panggilan telepon, pesan teks, atau email yang tidak dikenal.

Instagram sendiri enggan menyebutkan akun mana saja yang terkena dampak dari bug ini, meski mereka telah mengatakan eksploitasi bug tersebut telah ditutup dan telah diperbaiki.

“Tidak ada kata sandi akun yang terbuka. Kami memperbaiki bug dengan cepat dan sedang melakukan penyelidikan menyeluruh,” kata Instagram. (FHP/HBS)

SourceThe Verge

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI