Raksasa Teknologi Bahu-membahu Kumpulkan Donasi untuk Sulteng

Telset.id, Jakarta – Bencana gempa dan tsunami yang melanda wilayah Sulawesi Tengah (Sulteng) telah menimbulkan keprihatinan yang mendalam. Rasa duka tak hanya datang dari Indonesia, tapi juga dari para raksasa teknologi yang bahu-membahu mengumpulkan donasi untuk Sulteng.

Blackberry Messenger (BBM) mengajak penggunanya untuk membantu korban gempa dan tsunami di Sulteng, khususnya Palu dan Donggal yang menjadi wilayah terdampak paling parah.

Sejak 12 Oktober 2018 lalu, BBM memulai kampanye penggalangan dana melalui fitur “Pulihkan Palu Donggala”. Kampanye ini sendiri akan berakhir pada 31 Oktober 2018.

Donasi mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 1 juta bisa didonasikan masyarakat melalui kampanye ini, untuk membantu korban bencana di Palu dan Donggala. Cara berdonasinya pun cukup mudah. Pengguna cuma membuka aplikasi BBM atau website Bukalapak dengan kata kunci #PulihkanPaluDonggala.

Baca juga: Sambil Chatting, Kamu Bisa Kirim Uang via BBM

Donasi yang terkumpul dari kampanye ini akan disalurkan secara kumulatif dengan donasi dari masyarakat lainnya yang dikirimkan melalui Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih (YPP).

YPP merupakan yayasan yang saat ini telah membawa bantuan darurat seperti distribusi makanan dan selimut untuk masyarakat Palu, Sigi dan Donggala. Selain itu pada Gempa di Lombok kemarin YPP juga melakukan distribusi bantuan berupa makanan dan layanan perawatan bagi korban bencana.

Selain BBM dan kawan-kawan, beberapa raksasa teknologi dunia seperti Google, Apple dan Facebook juga diketahui telah mengungkapkan niatnya untuk mengirimkan bantuan ke Sulteng.

CEO Apple, Tim Cook, belum lama ini mencuit via Twitter pribadinya. Ia mengucapkan rasa duka cita mendalam untuk bangsa Indonesia. Ia menyebutkan bahwa Apple akan mendonasikan USD 1 juta (sekitar Rp 15 miliar) untuk pemulihan.

Baca juga: Apple Sumbang Rp 15 Miliar untuk Pemulihan Pascagempa Sulteng

Tak mau kalah dengan Apple, Google pun mengulurkan tangan bagi para korban gempa di Sulteng. Bantuan Tersebut diungkapkan langsung oleh CEO Google, Sundar Pichai. Ia menyebut ikut merasakan duka mendalam atas peristiwa bencana di Sulteng.

Pichai mengatakan bahwa lembaga nonprofit Google.org dan karyawan Google telah bahu-membahu mengumpulkan donasi sebesar USD 1 juta atau sekitar Rp 15 miliar untuk pemulihan pascagempa dan tsunami di Palu dan Donggala.

Baca juga: Setelah Apple, Google Juga Bantu Korban Gempa Sulteng

Pichai mengemukakan bahwa donasi sebesar itu juga berasal dari Googler, sebutan bagi  komunitas Google. Tak hanya donasi, Google menyatakan telah mengaktifkan sistem pendeteksi bahaya.

Belum berhenti sampai di situ, raksasa jejaring sosial Facebook pun turut ikut serta, dengan menyumbang USD 1 juta atau sekitar Rp 15 miliar untuk proses pemulihan Sulteng.

Melalui akun Facebook pribadinya CEO Facebook, Mark Zuckerberg mengatakan jika sumbangan tersebut disalurkan melalui Palang Merah Indonesia untuk program pemulihan pascagempa dan tsunami, khususnya di Palu dan Donggala. [NM/IF]

Sumber: BBM Blog

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Harga Apple AirPods Pro “Lite” Cuma Rp 2 Jutaan?

Telset.id, Jakarta - Apple dilaporkan tengah mempersiapkan model "lite" dari AirPods Pro. Kabarnya, earphone TWS Apple tersebut bakal dijual dengan harga...

Robot Koki Ini Memasak untuk Pasien Virus Corona

Telset.id, Jakarta - Teknologi robot digunakan demi menjaga logisitik pasien Virus Corona. Informasi terbaru menyebut jika ada 2 robot...

Pabrik Samsung Galaxy Z Flip Tutup Akibat Terinfeksi Corona

Telset.id, Jakarta - Beberapa waktu lalu, dilaporkan bahwa pabrik Samsung yang berada di Gumi, Korea Selatan ditutup sementara akibat...

Fatal! Kecanduan Gadget Bisa Mengubah Bentuk Otak manusia

Telset.id, Jakarta - Kecanduan gadget terbukti memberikan dampak buruk bagi fisik manusia. Penelitian terbaru menyebut jika kecanduan HP pintar...

Pendukung Bumi Datar Tewas Saat Ingin Buktikan Teorinya

Telset.id, Jakarta - Pendukung teori Bumi datar, Mike Hughes tewas pada Sabtu (22/02) di usia 64 tahun. Pria yang...
- Advertisement -