Amerika Bujuk Kanada untuk Ikut ‘Musuhi’ Huawei

Telset.id, Jakarta – Langkah Amerika Serikat untuk menjegal bisnis Hauwei rupanya tak hanya berhenti di dalam negeri. Negara adidaya ini bahkan berencana membujuk tetangganya, Kanada, untuk ikutan tak menggunakan produk Huawei untuk jaringan 5G-nya.

Niatan Amerika Serikat ini muncul setelah melihat upaya Huawei, yang mencoba menggarap bisnis di Kanada, yang tak lain sekutu AS.

Dalam surat yang dikirim kepada Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau, Senator Mark Warner dan Marco Rubio mempertimbangkan kembali rencana negara itu menggunakan teknologi Huawei.

Baca Juga : Amerika Jegal Proyek Huawei di Papua Nugini

Dua senator itu mengklaim raksasa elektronik yang sedang mempersiapkan peluncuran smartphone flagship-nya di London, tidak benar-benar bebas dari kontrol pemerintah China. Hal serupa, kata mereka, juga terjadi pada perusahaan asal negeri Panda lainnya yang beroperasi di luar negeri.

Adanya Kontrol pemerintah China pada perusahaan-perusahaan di luar negeri dinilai menjadi sebab Huawei memata-matai intelijen Kanada dan 5 sekutu AS lainnya, yakni Australia, Selandia Baru dan Inggris yang tergabung dalam Five Eyes.

Bahkan Senator AS itu memberi contoh Australia yang telah dibujuk melarang teknologi Huawei dan studi Inggris yang telah mengungkapkan metode rekayasa Huawei. Tetapi studi Inggris malah fokus pada perangkat lunak yang sudah usang, bukannya pada aktivitas yang mencurigakan.

Tak hanya itu, Warner dan Rubio juga sedikit mengintimidasi dengan mengatakan Kanada bakalan  mendapat masalah ekonomi jika tetap menggunakan teknologi Huawei. Ini karena kedua negara sahabat itu sering berbagi peralatan yang sama, sehingga penggunaan peralatan asal China dianggap sebagai masalah serius.

Hingga berita ini ditulis, belum ada tanggapan resmi dari pemerintah Kanada mengenai bujukan senator AS. Kemungkinan Amerika bakal sulit untuk membujuk PM Justin Trudeau karena hubungan antara Huawei dan pemerintah Kanada sudah terjalin harmonis.

Baca Juga: Ponsel Layar Lipat Huawei Berteknologi 5G

Hal ini karena Kepala Pusat Keamanan Cyber ​​Kanada Scott Jones mengatakan kepada komite parlemen bahwa tidak perlu melarang teknologi Huawei karena memiliki hubungan sangat maju dan berkomitmen untuk menerapkan ketahanan yang lebih luas terhadap masalah keamanan.

Tak seperti negara tetangganya, penduduk dan pejabat Kanada bebas menggunakan produk Huawei seperti P20 Pro dari sebagian besar operator tanpa memberikan syarat apapun. [WS/IF]

Sumber: Engadget

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Tarif Posting Miliaran Rupiah, Ini 7 Selebgram Terkaya di Dunia

Telset.id - Selebgram atau selebriti Instagram sudah menjadi profesi yang menjanjikan. Selebgram biasanya bekerja sama dengan merek-merek ternama, dan...

Penampakan Desain Elegan dari Vivo X50 Pro

Telset.id, Jakarta - Setelah mengungkap beberapa teaser terkait kemampuan kamera Vivo X50 Pro, kini Vivo menampilkan wujud desain layar...

Tips Menggunakan Shotgun di Free Fire, Biar Bisa Booyah!

Telset.id - Senjata shotgun sering dipandang sebelah mata di dalam game Free Fire. Padahal jika digunakan dengan benar, senjata...

Samsung Exynos 880 Meluncur dengan Modem 5G Terintegrasi

Telset.id, Jakarta - Samsung seperti tak mau ketinggalan untuk merilis prosesor 5G kelas menengah. Mengikuti jejak Qualcomm, MediaTek, hingga HiSilicon...

ARM Rilis Inti Prosesor Baru, Cortex-A78 dan Cortex-X1

Telset.id, Jakarta - ARM baru saja mengumumkan inti prosesor generasi terbarunya, yakni ARM Cortex-A78 dan Cortex-X1. Keduanya bakal digunakan...
- Advertisement -