Mirip Smartphone, Mobil Masa Depan akan Punya Fingerprint

Telset.id, Jakarta – Mobil masa depan diprediksi akan menggunakan teknologi fingerprint sebagai salah satu sistem keamanan utamanya. Nantinya, teknologi fingerprint wajib digunakan pengemudi untuk membuka maupun menyalakan kendaraan.

Selama ini, sensor sidik jari telah diterapkan oleh banyak merek smartphone saat ini. Selain itu, teknologi tersebut juga sudah digunakan oleh para nasabah bank di Amerika Serikat untuk memeriksa rekening tabungan atau mengambil uang.

Baca Juga: Wow! 3 Bangunan Pencakar Langit Spektakuler Masa Depan

“Teknologi pemindai sidik jari akan dipakai sebagai fitur keamanan mobil dalam dua hingga empat tahun lagi,” kata wakil presiden Synaptics yang berbasis di Silicon Valley, Godfrey Cheng, seperti dilansir dari CarsGuide, Rabu (26/09/2018).

Godfrey melanjutkan, fitur pemindai sidik jari untuk mengidentifikasi pengemudi merupakan terobosan yang revolusioner. Sebab, kunci remote yang sekarang dipakai di mobil masih memiliki celah keamanan yang bisa dimanfaatkan oleh pencuri.

Baca Juga: Robot Rescue di Masa Depan akan Berbentuk “Centaur”

“Karenanya, teknologi pemindai wajah hingga mata untuk menghidupkan mobil menjadi solusi. Pakar keamanan siber menyarankan kepada pemilik mobil supaya bersedia mengeluarkan biaya untuk membeli alat keamanan tambahan,” tambahnya.

Menurutnya, mobil baru yang dihidupkan tanpa kunci berkat teknologi Sinyal Fob tetap bisa dicuri menggunakan perangkat tertentu. Meski demikian, penggunaan Key Fob tetap dibutuhkan asal dikombinasikan dengan pemindai sidik jari.

Baca Juga: Di Masa Depan, Anak Lebih Patuh pada Robot

“Anda tidak bisa hanya mengandalkan Sinyal Fob untuk keamanan mobil. Kami akan membuat mobil lebih aman, sangat mirip dengan keamanan bank online. Dengan begitu, keamanan kendaraan pada masa mendatang sangat terjamin,” janji Godfrey. (SN/FHP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI