5 Cara Maksimalkan Fitur Keamanan di iOS 12

Telset.id, Jakarta- Sistem operasi mobile iOS 12 untuk iPhone dan iPad akhirnya sudah resmi diluncurkan beberapa waktu lalu. Demi kenyamanan pengguna, Apple terus memaksimalkan fitur keamanan.

Fitur keamanan memegang peranan sangat penting, untuk mencegah aksi jahil para peretas yang tak bertanggung jawab.

Tapi tak perlu khawatir, arena Apple sudah menyiapkan fitur keamanan di iOS 12, yang diklaim telah ditingkatkan kemampuannya.

Bagi yang sudah memperbarui perangkatnya dan ingin memanfaatkan fitur keamanan di iOS 12, mari simak cara-cara berikut ini:

Baca juga: 5 Fitur iOS 12 Paling Keren yang Harus Kamu Tahu 

 

1. Aktifkan Mode Terbatas USB untuk Menyulitkan Peretas

Fitur ini akan membuat iPhone dan iPad lebih aman. Fitur ini akan mencegah aksesoris apapun menyambung ke perangkat Anda, baik melalui kabel USB dan headphone.

Fitur di iOS 12 ini juga berguna untuk mencegah adanya aksi peretas yang ingin mengambil data Anda lewat kedua jalur tersebut.

Untuk mengaktifkan fitur tersebut, buka Settings lalu menuju Touch ID & Passcode dan ketikan sandi Anda (untuk iPhone X pengguna perlu ID Wajah dan Kode sandi). Kemudian cari USB Accessories dan  nonaktifkan atau atur menjadi Off.

Perlu diingat bahwa fitur tersebut baru aktif setelah satu jam sejak pengguna melakukan pengaturan tersebut.

2. Pilih Jumlah Digit Kode Sandi Perangkat

iOS menjadi lebih baik dalam beberapa tahun terakhir dengan adanya pengaturan kode sandi. Saat ini kita selalu mengatur kode sandi dengan 4 atau 6 digit. Tetapi di iOS 12 Anda dapat menetapkan kode sandi mulai dari 8 digit hingga 12 bahkan lebih.

Cara mengatur kode sandi adalah dengan membuka Settings lalu menuju Touch ID & Passcode kemudian ketikkan sandi Anda. Setelah itu buka Change Password dan pilih Custom Numeric Code untuk mengatur kode sandi Anda.

3. Aktifkan Autentikasi Dua Faktor

Seringkali fitur autentikasi dua faktor adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga akun Anda tetap aman. Jika seseorang mencuri kata sandi Anda, mereka masih membutuhkan ponsel Anda untuk masuk ke akun Anda.

Baca Juga : Gak Perlu Nunggu Update Ini Cara Instal iOS 12 

Tetapi selama bertahun-tahun, dua faktor telah merepotkan dan menyebalkan. Sekarang, iOS 12 memiliki fitur baru. Ketika pengguna diminta autentikasi kode maka kode secara otomatis tertulis di kolom yang disediakan.

Adapun jika Anda ingin mengaktifkan autentikasi dua faktor bisa langsung menuju Settings dan buka Touch ID & Passcode. Di sana ketuk fitur Autentikasi Dua Faktor dan ikuti petunjuknya.

4. Pengingat jika Kata Sandi pernah Digunakan

Pengelola kata sandi iOS 12 memiliki fitur baru, yakni pengauditan kata sandi. Jika diketahui Anda menggunakan kata sandi yang sama di beberapa situs akan ada semacam peringatan, dan Anda disarankan untuk mengubah kata sandi tersebut.

Ini mencegah peretas untuk masuk ke beberapa situs dan layanan dengan menggunakan nama pengguna dan kata sandi yang sama.

Cara mengaktifkan fitur tersebut adalah dengan buka  Settings lalu Passwords & Accounts. Kemudian pilih Website & App Passwords and masukan kode sandi Anda. Nanti akan muncul peringatan jika kode sandi tersebut sudah pernah digunakan.

5. Pastikan pembaruan iOS otomatis dihidupkan

Setiap kali iPhone atau iPad Anda diperbarui, ia hadir dengan banyak tambahan fitur keamanan untuk mencegah crash atau pencurian data. Namun, seberapa sering Anda memperbarui ponsel Anda?

Pastikan untuk mengaktifkan pembaruan otomatis untuk mendapatkan fitur keamanan tersebut. Caranya adalah dengan membuka Settings lalu pilih General. Kemudian ketuk Software Update dan aktifkan pembaruan secara otomatis. [NM/HBS]

Sumber: Techcrunch

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Rekomendasi 10 Game Anak-anak Terbaik di Android 2020

Telset.id, Jakarta - Smartphone dan gaming sepertinya telah menjadi hal yang sulit dipisahkan belakangan ini. Kini, bahkan anak-anak memanfaatkan...

Sony Gelar Acara 3 Juni, Siap Pamerkan PlayStation 5?

Telset.id, Jakarta - Setelah sempat diumumkan pada tahun lalu, Sony PlayStation 5 sepertinya hanya tinggal menunggu waktu untuk hadir...

Barisan Smartphone Huawei dengan EMUI 10.1, Ada Huawei P30!

Telset.id, Jakarta – Jajaran produk Huawei P40 datang dengan EMUI 10.1, yang merupakan versi terbaru dari perangkat lunak EMUI...

Cara Menggunakan Layanan VoLTE Telkomsel

Telset.id, Jakarta - Seiring dengan semakin matangnya 4G, penerapan teknologi Voice over LTE (VoLTE) pun menjadi hal yang lumrah...

Siap-siap! Oppo Reno4 dan Reno4 Pro Meluncur 5 Juni

Telset.id, Jakarta - Setelah sempat wara-wiri di dunia maya, menampilkan baik rupa maupun spesifikasinya, Oppo Reno4 akhirnya benar-benar mengisyaratkan...
- Advertisement -