4 Aplikasi yang Nggak Bikin Panik Meski Dipakai Seharian

Telset.id, Jakarta – Eksis di media sosial seperti telah menjadi kebutuhan hidup di era digital seperti sekarang ini. Tujuannya beragam, mulai dari sekedar menunjukkan identitas diri hingga mencari uang. Dan semua itu, menjadi semakin dan semakin mudah, dengan terus berkembangnya teknologi smartphone, terutama di sektor kamera dan aplikasi pendukung lainnya.

Namun, aplikasi media sosial seperti YouTube, Facebook, Instagram, dan lainnya menyerap kouta yang tak sedikit bahkan dalam kondisi tidak aktif. Alhasil, tidak sedikit dari kita yang memilih menggunakan media sosial saat berada dalam jangkauan WiFI. Tapi, sayangnya tidak semua tempat di Indonesia yang menyediakan fasilitas tersebut.

Banyak perusahaan pembuat aplikasi tersebut tampaknya sadar betul akan hal itu. Sebagai gantinya, mereka pun membuat aplikasi hemat quota. Berikut, Telsed.id merangkum beberapa aplikasi media sosial yang dapat menghemat qouta bulanan, dan tentu saja, memungkinkan kita tetap eksis.

1. YouTube Go
Buat Anda yang hobi nonton dari YouTube, kini tak perlu khawatir lagi karena mereka menawarkan aplikasi ramah kouta, cepat,dan ringan. Disamping menawarkan pengalaman YouTube-an secara offline yang lebih baik dengan aplikasi YouTube Go.

YouTube Go dibekali berbagai fitur untuk menghemat data Internet dan mampu bekerja secara lebih efektif di daerah yang tidak memiliki kecepatan Internet memadai.

2. Facebook Lite
Jika Facebook masih menjadi media sosial terdepan di hati Anda, maka aplikasi media sosial pertama yang wajib diunduh adalah Facebook Lite. Ini penting untuk dilakukan karena aplikasi Facebook yang biasa menyerap banyak qouta dan baterai.

Dengan versi Lite, Anda akan lebih menghemat baterai dan qouta karena tidak semua pemberitahuan sampah akan masuk. Selain itu, aplikasi ini juga hanya butuh memori internal 4 GB dan bahkan dapat berjalan dengan koneksi yang tidak stabil.

3. Instagram
Layanan media sosial yang satu ini juga banyak diminati lantaran tampilan foto dan terbaru saat ini adanya TV. Pengunaan data pada layanan ini juga cukup banyak, seperti halnya Facebook.

Tapi saat ini, Anda tak perlu khawatir karena penghematan kouta dapat dilakukan dengan mengubah pengaturan. Dimana Anda memilih settingan “Cellular Data Use” dan aktifkan “Use Less Data”.

Dengan setingan ini, konten timeline tak muncul secara otomatis dan memerlukan persetujuan Anda agar dapat ditampilkan. Namun, opsi ini hanya aktif saat terhubung dengan jaringan seluler dan tak berlaku ketika terkoneksi Wi-Fi.

4. Twitter Lite
Seperti halnya Facebook, Twitter juga mengeluarkan versi Lite untuk memanjakan kouta Anda. Dengan versi Twitter Lite, Anda bisa mengaksesnya meski hanya menggunakan data kurang dari 1MB.

Meskipun versi Lite, aplikasi ini tetap membawa fitur utama Twitter seperti timeline, notifikasi, profil, trending topic, direct messages (DM), dan media pendukung lainnya.

Nah, masih suka dibuat panik dengan ulah adik yang suka ngebajak smartphone demi nonton Marsha and the bear seharian? [IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI