Tahun 2020, Menkominfo Janji Semua Desa di Puncak Jaya Ada BTS

Telset.id, Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), melalui Badan Aksesibilitas Teknologi Informasi (BAKTI), memastikan seluruh desa di Kabupaten Puncak Jaya, Papua, akan memiliki menara Base Transceiver Station (BTS) pada tahun 2020.

Dengan adanya fasilitas tower BTS ini, maka akan membuat warga setempat bisa mengakses layanan suara dan pesan pendek melalui jaringan seluler via perangkat ponsel.

“Tahun 2020 tidak ada lagi desa yang tidak memiliki BTS di Puncak Jaya. Untuk dapat mencapai target tersebut, pemerintah pusat perlu bantuan terkait perijinan tanah dari pemerintah daerah,” ujar Menteri Kominfo Rudiantara, dalam keterangan resmi kunjungan kerjanya di Papua, Jumat (20/7/2018).

Menkominfo mengatakan pemerintah berkomitmen untuk tidak akan pernah menyerah mengentaskan kesenjangan akses telekomunikasi, walapun banyak kendala dan tantangan secara geografi.

“Sudah ada 41 Kabupaten di Papua dan Papua Barat dibangun menjadi bagian tulang punggung internet kecepatan tinggi, dintaranya 31 kabupaten merupakan wilayah yang sama sekali belum memiliki akses,” jelas Menkominfo.

Menurut Rudiantara, pembangunan BTS merupakan wujud keberpihakan pemerintah untuk membangun dengan perspektif Indonesia Sentris. Selain itu, pembangunan infrastruktur ini merupakan salah satu upaya supaya masyarakat Indonesia mendapatkan haknya akan akses telekomunikasi.

Dia menambahkan, saat ini ada 80.000 sekolah di Indonesia yang belum terhubung dengan jaringan internet. Ini dinilai cukup miris, sehingga Kominfo bertekad pada 2022 mendatang, tidak ada lagi sekolah yang tidak memiliki internet cepat, karena BAKTI akan menyediakan satelit yang dapat menjangkau hingga ke wilayah pelosok pedesaan.

Bupati Puncak Jaya, Yuni Wonda mengucapkan terima kasih atas hadirnya layanan internet di sekolah yang dapat dirasakan langsung manfaatnya. Tidak hanya akses internet, BTS yang dibangun oleh BAKTI telah menghadirkan sinyal seluler dan membawa warna bagi masyarakat Puncak Jaya.

“Hadirnya sinyal seluler dan layanan internet tidak berhenti hanya untuk wilayah yang sudah terbangun saja tapi untuk lokasi-lokasi yang telah diusulkan juga disegerakan pembangunannya serta sosialisasi maupun pelatihannya untuk pemanfaatan yang maksimal juga menjadi perhatian,” tuturnya.

Memanfaatkan Sinyal BAKTI dari BTS di Kampung Trikora, Mulia, Muncak Jaya, Menteri Kominfo menyapa Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Arief Yahya yang berada di Jakarta melalui telepon seluler.

Dalam perbincangan akrab, Menteri Pariwisata meminta dukungan dari Kementerian Kominfo untuk sarana telekomunikasi di destinasi wisata yang ada di Papua dan Papua Barat. [WS/HBS]

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI