Google Investasikan Rp 314 Miliar di KaiOS

Telset.id, Jakarta – Pernah mendengar nama KaiOS sebelumnya? Jika belum, tidak perlu merasa malu, karena Anda pernah atau mungkin menggunakan ponsel yang menggunakan KaiOS.

Jika pernah dengar Nokia 8110 4G  adalah salah satu ponsel yang berjalan KaiOS – OS berbasis Linux untuk feature phone dengan fitur smartphone.

KaiOS Technologies, perusahaan di balik KaiOS, sepertinya akan melanjutkan inovasi masa depannya, karena baru saja mendapat dana besar dari Google sebesar $ 22 juta (Rp 314 miliar).

Google sudah mendominasi dunia smartphone dengan OS Android tetapi tidak sampai disana, Google sepertinya juga ingin Android Go menjadi power full.

Nantinya kedua perusahaan ini (Google dan KaiOS) akan bekerja sama untuk menghadirkan layanan seperti Maps, YouTube, browser, dan Google Asisten untuk ponsel yang menjalankan KaiOS.

Didirikan pada 2017, KaiOS saat ini terbenam pada 40 juta ponsel. HMD Global adalah salah satu pabrikan yang menggunakan sistem operasi itu, misalnya saja pada Nokia 8110 “banana phone”.

Sejumlah perangkat buatan TCL, Micromax, dan Alcatel juga mengandalkan KaiOS. Sistem operasi tersebut berbasis Linux dan mampu berjalan pada hardware sederhana.

Baca Juga : Asyik! Google Photos Bisa Rangkai Kisah Cinta Pengguna

Salah satu aspek keunggulannya adalah sebuah app store, di mana pengembang bisa membuat beragam aplikasi mulai dari news, shopping, hingga gaming. Aplikasi-aplikasi itu dibangun dengan HTML5, Javascript, dan CSS. (MS)

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

HARGA DAN SPESIFIKASI
REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI