Facebook Kena Semprot Pengguna Instagram

Telset.id, Jakarta – Beberapa pengguna merasa terganggu dengan uji coba pembaruan yang terjadi di Instagram. Mereka menerima notifikasi Facebook di profil akun Instagram. Hal inilah yang membuat para pengguna Instagram jengkel, karena merasa terganggu dengan notifikasi Facebook.

Sepertinya Facebook mencoba menggunakan Instagram untuk memikat lagi penggunanya yang menghilang. Seperti diketahui, Facebook kini mulai semakin ditinggalkan oleh banyak penggunanya, yang berpaling ke Snapchat dan Instagram.

Lantaran berada di bawah satu payung Facebook Inc, Instagram memang terhubung dengan Facebook meski secara aplikasi tetap terpisah. Makanya sah-sah saja bagi Facebook untuk memanfaatkan anak usahannya itu dalam bisnisnya yang sedang dirundung banyak masalah pasca skandal penjualan data.

Dilansir Independent, Minggu (10/6), jurubicara Instagram mengonfirmasi bahwa keberadaan notifikasi Facebook di Instagram hanyalah bagian dari uji coba yang sedang mereka lakukan.

Walau masih tahap ujicoba, fitur notifikasi Facebook di profil akun Instagram tetap mendapat kritikan tajam dari para pengguna.

Mereka para pengguna Instagram mengeluhkan keberadaan notifikasi yang dikirimkan. Bahkan, secara terang-terangan, mereka menyebut bahwa fitur itu sangat mengganggu kenikmatan dalam mengakses Instagram.

“Saya jengkel Facebook telah menambahkan pemberitahuan ke akun integral. Saya tidak peduli apakah fitur tersebut masih dalam tahap uji coba atau tidak,” cetus pemilik akun Twitter bernama @UnicornNebula.

Pengguna Facebook memang susut usai terkuak skandal penyalahgunaan data pengguna demi kepentingan kampanye calon presiden Donald Trump pada pemilihan umum Amerika Serikat pada 2016. Facebook melanggar privasi dan harus menghadapi gugatan dari banyak pihak.

Baca juga: Remaja Pilih Instagram dan Snapchat Ketimbang Facebook

Instagram sendiri tengah melakukan berbagai pembaruan dan penambahan fitur demi kenyamanan pengguna. Terbaru, Instagram menghadirkan inovasi baru di fitur Story yang memungkinkan pengguna untuk mengunggah ulang atau repost konten di Instagram Stories.

Pembaruan  tersebut telah diluncurkan secara bertahap di aplikasi Instagram versi teranyar untuk Android dan iOS. Untuk menggunakannya, pengguna harus terlebih dahulu melakukan mention nama. Kemudian, muncul intruksi “Add this to your Story” dan klik.

Nama yang di-mention akan mendapatkan notifikasi dari Instagram ketika disebut oleh teman di Story. Pengguna bisa menekan notifikasi berformat tautan tersebut.  Lalu, Instagram bakal memunculkan pratinjau. Pengguna bisa menambahkan teks, stiker, atau elemen-elemen lain untuk memodifikasi konten dari teman.

Baca juga: Cara Bikin Status Type Stories di Instagram Stories

Dengan fitur tersebut, pengguna tak perlu berlomba-lomba mencari konten untuk Instagram Stories. Seketika seorang teman secara sukarela merekam momen, pengguna bisa mengunggah ulang. Foto atau video hasil postingan ulang bakal memunculkan nama pengguna asli yang melakukan mention. [SN/HBS]

Sumber: Independent

3 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI