Universitas Helsinky Berikan Kursus AI Gratis

Telset.id, Jakarta – Ada kabar bagus untuk Anda yang tertarik mempelajari kecerdasan buatan alias artificial intelligence (AI). Kini Universitas Helsinki di Finlandia meluncurkan program kursus tentang AI untuk semua orang di seluruh dunia.

Menurut Engadget, peserta kursus tidak akan dikenakan biaya sama sekali alias gratis. Lalu bagaimana caranya? Cukup masuk ke situs resmi Universitas Helsinky atau klik di sini.

Mungkin ini tidak seperti jurusan baru mengenai AI di Univesitas Carnegie Mellon di Amerika, yang dibuat untuk melatih para ahli di bidangnya di masa mendatang. Program perguruan tinggi bergengsi Finladia ini lebih seperti kursus pemula bagi mereka yang ingin tahu lebih banyak tentang teknologi canggih ini.

Hampir seluruh raksasa teknologi seperti Google, Microsoft dan Amazzon memiliki divisi yang bekerja pada proyek-proyek intelijen buatan. Bahkan seluruh industri non-teknologi sudah bergantung pada AI untuk menggarap tugas mereka.

Tapi. Janina Fagerlund dari mitra proyek universitas (perusahaan strategi teknologi Reaktor) mengatakan, orang mungkin tidak tahu bahwa hidup mereka sudah dipengaruhi oleh AI setiap hari.

Fagerlund memberikan contoh penggunaan AI dalam industri makanan untuk mengurutkan produk dan barang-barang lainnya di fasilitas mereka. Sedangkan Facebook menggunakan AI untuk pengenalan wajah.

Kursus AI tersebut akan fokus pada dasar-dasar, dimulai dengan mendefinisikan apa itu AI dan menjelaskan bagaimana itu bisa memecahkan masalah. Materi kursus juga membahas bagaimana AI sudah digunakan di dunia nyata dan menjelaskan bagaimana cara kerja pembelajaran mesin dan jaringan saraf.

Kemungkinan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan kursus tersebut sekitar 30 jam. Asyiknya Anda bakal mendapat dua kredit akademik melalui Open University jika berasal dari Finlandia. Untuk peserta dari daerah lain harus cukup puas dengan sertifikat yang bisa di tampilkan di LinkedIn. [WS/HBS]

Sumber: Engadget

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI