Pakai Gambar Tanpa Izin, Scarlett Johansson Tuntut Aplikasi AI Ini

Telset.id, Jakarta – Aktris Scarlett Johansson telah mengambil tindakan hukum terhadap pengembang sebuah aplikasi AI karena menggunakan gambar yang mirip dengannya tanpa izin dalam iklan tanpa izin.

Dikutip Telset dari Engadget pada Kammis (02/11/2023), iklan berdurasi 22 detik itu mempromosikan editor gambar AI bernama Lisa AI: 90s Yearbook & Avatar, dan dilaporkan menggunakan versi suara dan gambar Scarlett Johansson yang dihasilkan AI.

Iklan tersebut menunjukkan klip asli Johansson dalam klip di balik layar Black Widow, yang mengatakan “Ada apa guys? Ini Scarlett dan aku ingin kamu ikut denganku” yang kemudian iklan beralih ke foto yang dihasilkan AI dan versi kloning suaranya yang mempromosikan aplikasi AI tersebut.

Di bawah iklan ada cetakan halus yang menyatakan “Gambar yang dihasilkan oleh Lisa AI. Itu tidak ada hubungannya dengan orang ini.” Beberapa aplikasi Lisa AI yang dibuat oleh Convert Software tetap ada di App Store dan Google Play, tetapi iklan tidak lagi muncul di X.

Kasus ini mendapat perhatian serius dari Scarlett Johansson, sehingga membawa kasus ini ke jalur hukum dan aplikasi AI tersebut mendapatkan tuntutan hukum darinya.

“Kami tidak menganggap enteng hal-hal ini. Sesuai tindakan kami yang biasa dalam keadaan ini, kami akan menanganinya dengan semua upaya hukum yang akan kami miliki,” ujar pengacaranya Kevin Yorn.

Scarlett Johansson adalah salah satu aktris paling terkenal di Hollywood. Ia memiliki wajah dan suara yang ikonik, dan telah menjadi juru bicara untuk beberapa merek kelas atas, termasuk Dolce & Gabbana dan Louis Vuitton.

BACA JUGA:

Meskipun masih merupakan wilayah abu-abu hukum, beberapa negara bagian memiliki undang-undang terkait seputar hak privasi, dengan California mengizinkan tuntutan hukum perdata untuk penggunaan yang tidak sah dalam iklan atau promosi baik itu nama, suara, tanda tangan, foto, atau kemiripan dengan orang lain.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI