Keren! Mobil Listrik BMW Bisa Isi Daya Tanpa Kabel

Telset.id, Jakarta – Pengisian daya nirkabel mungkin sudah tidak asing lagi di era digital seperti sekarang ini. Di sunia smartphone misalnya, ini bukan lagi perkara baru. Sudah menjadi fitur standar bahkan, bagi sejumlah ponsel pintar kelas atas. Namun, pernahkah Anda berpikir, alangkah hebatnya jika fitur ini bisa diterapkan pada mobil listrik?

Nah, BMW melakukan terobosan baru dengan memulai produksi sistem pengisian induktif mutakhir yang akan diterapkan pada mobil listrik besutannya pada Juli 2018.

Menurut digitaltrends, Senin (14/5/2018), sistem tersebut akan bisa dipergunakan banyak kendaraan listrik plug-in hybrid buatan produsen mobil asal Jerman itu. Rencananya, seperti dilansir majalah Car, fitur anyar tersebut akan dipakai BMW 530e iPerformance.

Pengisian daya nirkabel diperkirakan akan tersedia untuk pelanggan Eropa pada akhir musim panas. Pastinya teknologi mutakhir ini juga akan mendarat di AS, meskipun sebagai program percontohan terbatas pada pengemudi BMW 530e di California.

Teknologi pengisian BMW terdiri dari pad dasar dengan koil primer terintegrasi yang dapat dipasang tidak hanya di garasi, tetapi juga di luar ruangan. Selain itu ada kumparan sekunder yang terletak di bagian bawah kendaraan.

“Medan magnet bolak-balik dihasilkan antara dua kumparan, di mana listrik ditransmisikan tanpa kabel atau kontak pada tingkat muatan hingga 3,2 kW. Bentuk pasokan daya ke baterai tegangan tinggi ini sangat nyaman bagi pelanggan dan memerlukan waktu pengisian sekitar 3,5 jam,” kata produsen mobil yang juga memiliki pabrik di Indonesi ini.

Jadi, ketika pengemudi memarkir pad di atas mobil yang memiliki teknologi nirkabel, garis biru pada layar mobil memandu pengemudi ke posisi yang tepat untuk memungkinkan pengisian daya dimulai. Lingkaran hijau muncul ketika kendaraan sudah berada pada tempat yang cocok.

Pengisian dimulai secara otomatis saat Anda mematikan kunci kontak. Selanjutnya ada aplikasi yang terus memberitahu kemajuan pengisian daya dan juga akan memberi tahu pengemudi mengenai gangguan apa pun terhadap proses tersebut, seperti kucing atau hewan lainnya yang berdiri atau menduduki pad.

Jangan khawatir, BMW memastikan kekuatan medan sistem pengisian daya induktif tidak membahayakan karena masih dalam batas peraturan, Radiasi elektromagnetik yang dihasilkannya juga diklaim lebih kecil daripada panas kompor dapur biasa.

Teknologi pengisian daya induktif ini sebenarnya sudah digarap selama beberapa tahun. Perusahaan otomotif raksasa ini pertama kali mengungkapkan rencana sistem ini pada 2014 silam, sebagai bagian dari upaya kerja sama dengan Daimler.

Penerapan teknologi pengisian mobil ini mungkin belum jelas kapan realisasinya. Namun ini bisa menjadi acuan bagi produsen mobil listrik lain menerapkan teknologi serupa supaya memudahkan para pemakai kendaraan ramah lingkungan tersebut. [WS/IF]

Source Link

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Main Game dengan Realme Buds Q Diklaim Anti Delay

Telset.id, Jakarta - Realme baru saja meluncurkan perangkat TWS yang dinamai Realme Buds Q. Menariknya, Realme Buds Q telah...

Honor 30 Lite Debut dengan Chipset Dimensity 800

Telset.id - Honor barus saja merilis Honor 30 Lite, yang merupakan versi terbaru dari Honor 30 series. Smartphone ini...

Cara Merekam Layar PC Windows Pakai PowerPoint

Telset.id - Mungkin ada aplikasi-aplikasi khusus yang menawarkan fitur perekaman layar. Akan tetapi tentu kita perlu usaha mencari dan...

Masuki New Normal, Pengguna Telkomsel Makin Rajin Internetan

Telset.id, Jakarta – Masuki New Normal, penggunaan layanan internet atau payload pelanggan Telkomsel di wilayah operasional Jabotabek Jabar selama...

Realme 6i Bakal Meluncur di India, “Kloningan” Realme 6s

Telset.id, Jakarta  - Realme telah merilis produk realme 6i pada Maret lalu. Uniknya, produk tersebut dipasarkan di India dengan...
- Advertisement -