Ada Komputer Sekecil Butiran Garam? Ini Buktinya

Telset.id, Jakarta – IBM memamerkan sebuah perangkat komputer mikro yang diklaim sebagai komputer terkecil di dunia. IBM memamerkannya pada perhelatanĀ  IBM Think 2018 di Amerika Serikat (AS), Senin (19/3) waktu setempat.

Dilaporkan Slashgear, komputer mikro besutan IBM berukuran lebih kecil dari butiran garam. Bentuknya menyerupai cip, tetapi berkekuatan setara prosesor x86 pada era 1990-an. Siapapun perlu menggunakan mikroskop untuk melihatnya.

Kabarnya, pembuatan komputer mikro IBM menghabiskan biaya tak lebih dari 10 sen per unit. Di dalamnya terdapat ratusan ribu transistor sehingga bisa dipakai untuk memantau, menganalisa, berkomunikasi, bahkan mengolah data.

Baca juga:Ā Surat Lamaran Kerja Steve Jobs Dilelang Rp 684 Juta

Komputer mikro IBM menjadi sumber data aplikasi blockchain untuk membantu melacak pengiriman barang dan mendeteksi pencurian, penipuan, serta pelanggaran. Ia juga mampu melakukan tugas dasar Artificial Intelligence, semisalnya menyortir ribuan data.

“Perangkat tersebut masih tahap uji coba. Setidaknya lima tahun ke depan, perangkat itu bakal terdapat di semua benda maupun peralatan yang dipakai oleh orang sehari-hari,” terang kepala penelitian IBM, Arvind Krishna.

Menjelang akhir 2017 lalu, Lenovo merilis ThinkStation P320 Tiny yang diklaim sebagai komputer tipe workstation paling kecil di dunia. Ukurannya tergolong sangat kecil dibanding perangkat serupa lainnya. Ukuran ThinkStation P320 Tiny hanyalah 35,6 mm x 180,3 mm x 182,8 mm.

Walau kecil, Lenovo tetap melengkapinya dengan sejumpah port dan fitur yang dibutuhkan pengguna. Contohnya, di bagian depan terdapat 2 x USB 3.0; jack microphone dan jack audio lain.

Baca juga:Ā Ini Browser Paling Boros Baterai Menurut Microsoft

Sementara di bagian belakang, bisa ditemukan 4x mini DisplayPort; slot kunci pengaman; Ehternet; 2 Display Port; 3 x USB 3.0; slot antena WiFi; serta penghubung ke power adapter. [SN/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI