Ngeri! Peretas Bisa Rusak Hard Disk Lewat Gelombang Suara

Telset.id, Jakarta – Tindak kejahatan siber di seluruh dunia pada 2017 ini dikabarkan kembali meningkat. Dari sekedar kasus peretasan data hingga kasus pengrusakan perangkat pun banyak dialami oleh para pengguna perangkat elektronik.

Bahkan belum lama ini, para peneliti keamanan menemukan sebuah fakta baru, terhadap kasus kejahatan siber tersebut. Pasalnya, para peretas kini dapat menghancurkan data yang ada di hard disk (HDD) komputer, hanya menggunakan suara saja.

Mengutip dari laman Gizmodo, cara yang dilakukan oleh para penjahat siber ini adalah dengan mengatur sebuah gelombang suara di frekuensi tertentu. Gelombang suara inilah yang nantinya menciptakan getaran kasat mata, yang dapat menghancurkan data yang ada di plat piringan memori HDD.

[Baca Juga : Nah Lho! Galaxy Note 8 Bermasalah dengn Baterai]

Diketahui, serangan ini memanfaatkan cara kerja dari HDD. Para penjahat siber sangat paham jika HDD akan berhenti beroperasi secara otomatis apabila terjadi getaran, yang dirasa akan menggores plat yang ada.

Nah, dari sinilah para penjahat peretas dapat melancarkan serangan siber lain, seperti melakukan penyusupan saat sistem melakukan reboot, atau hingga sampai menghancurkan data yang ada di dalam HDD tersebut.

Namun, untuk melakukan hal ini, membutuhkan sudut dan frekuensi tertentu. Sehingga, semakin kuat gelombang suara, maka semakin luas jangkauan dari sinyal perusak tersebut.

[Baca Juga : Ada Duo Samsung Galaxy S9, Ini Daftar Lengkap Pemakai Snapdragon 845]

Bahkan, dalam sebuah demonstrasi yang dilakukan oleh para peneliti keamanan menunjukkan bahwa saat serangan ini dilancarkan ke sebuah HDD yang terpasang di CCTV, sistem dari CCTV tersebut mengatakan bahwa di HDD tersebut tidak terdapat data atau HDD tidak terpasang.

Melihat hal tersebut, para peneliti pun mengatakan bahwa para pengguna HDD untuk membekali peralatan mereka dengan semacam perlindungan terhadap serangan akustik tersebut. Atau, para pengguna disarankan untuk mengganti HDD mereka ke SSD, yang kebal terhadap serangan ini, meski memiliki harga yang lebih mahal. [NC/MS]

SourceGizmodo

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI