Jony Ive: 5 Tahun Bikin iPhone X, Gagal Melulu…

Telset.id, Jakarta – iPhone X menjadi perangkat yang paling menyedot perhatian saat diumumkan Apple beberapa waktu lalu. Selain tampil dengan desain baru, perangkat ini memiliki teknologi yang digadang-gadang sebagai teknologi masa depan. Tapi untuk menghadirkan semua itu, Apple butuh waktu 5 tahun untuk mengembangkan iPhone X.

Hal itu diungkapkan oleh Chief Design Officer Apple, Jony Ive saat melakukan wawancara di New Yorker TechFest pada hari Jumat lalu. Menurut Ive, desain baru iPhone X yang menghilangkan tombol Home dan memiliki layar bezel-less, merupakan hasil dari proses pengembangan yang sangat panjang dan penuh dengan kegagalan.

“Maksud saya, smartphone yang baru saja kami umumkan beberapa minggu yang lalu, iPhone X, teknologinya kami kerjakan selama lima tahun. Dan asal diketahui, kami memiliki prototipe (iPhone X) yang sangat bayak,” kata Ive.

“99% dari waktu pengembangan smartphone ini (iPhone X), tidak bekerja sesuai yang kita harapkan. Selama siklus pengembangannya, yang kami banyak dapatkan adalah kegagalan,” lanjut pria yang menjadi “otak” di balik desain-desain keren iPhone.

Yang menarik, Ive mengungkapkan bahwa ada dua teknologi yang paling merepotkan mereka. Pertama  adalah membuat iPhone X dengan desain bezel-less, dan yang kedua adalah kamera TrueDepth untuk pemindai wajah Face ID. Sistem ini diklaim sangat aman, namun sangat sulit untuk diciptakan.

[Baca juga: TrueDepth Camera iPhone X Adalah Teknologi Masa Depan]

Dalam kesempatan itu, pewawancara David Remnick coba mengorek informasi soal teknologi baru apa yang dia impikan dapat diterapkan pada iPhone di masa depan. Sayangnya “Empu Desain” Apple ini tidak mau mengungkapkan secara rinci soal iPhone generasi mendatang.

“Ada begitu banyak kemungkinan di seputar layar, atau membuat perangkat menjadi lebih kecil dan lebih efisien, dan meningkatkan kemampuan komputasi (iPhone) menjadi sangat luar biasa,” ujarnya sedikit memberikan bocoran tentang iPhone di masa depan.

Namun, Ive memberikan ektras pujian bagi divisi pengembangan chip Apple yang telah berhasil membuat chip dengan kemampuan “super” untuk iPhone X. Dia bahkan mengklaim chip buatan Apple telah berhasil mengungguli produk serupa dari perusahaan pembuat chip lainnya, seperti Qualcomm dan Intel.

“Tidak ada yang lebih bahagia, saat saya bisa duduk selama 2 jam dengan salah satu perancang chip terbaik di dunia yang ada di Apple,” kata Ive memberikan pujian.

[Baca juga: Duuh.. iPhone X Baru Tersedia Tahun 2018?]

Sekedar informasi, iPhone X akan baru bisa dipesan pada awal November mendatang. harga perangkat ini dimulai dari USD 999 atau sekitar Rp 13 juta dengan segudang kemampuan yang tidak dimiliki produk iPhone sebelumnya. [NC/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

HARGA DAN SPESIFIKASI
REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI