Studi: Google AI Punya IQ Paling Tinggi

Telset.id, Jakarta – Sejumlah perusahaan teknologi kini tengah berlomba mengembangkan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI). Dalam persaingan ini, mereka berlomba menciptakan AI yang lebih pintar. Sejauh ini, Google AI disebut-sebut sebagai yang paling cerdas dibandingkan milik pesaingnya.

Sebuah studi dilakukan Cornell University pada beberapa AI yang dibuat oleh beberapa perusahaan teknologi. Dalam studi ini, para peneliti ingin menguji siapa yang memiliki IQ tertinggi. Hasilnya?

[Baca juga: Keren! Google Assistant Bisa Hafal Semua Lagu]

Mengutip dari laman Phone Arena, setelah melakukan percobaan, para peneliti menyebutkan bahwa Google AI tercatat memiliki IQ paling tinggi dibandingkan AI milik pesaingnya dengan IQ sekitar 47.28.

Hasil poin yang diraih AI dari Google ini jika dibandingkan dengan IQ manusia setara dengan IQ anak berumur 6 tahun. Rata-rata, anak berumur 6 tahun memiliki IQ sekitar 55,5 poin.

Sedangkan posisi kedua ada Baidu dengan skor IQ 32,92. Kemudian di susul oleh Bing di posisi ketiga dengan skor 37,98. Lalu, bagaimana dengan Siri, asisten digital pribadi milik Apple?

Ternyata, Siri hanya mampu mendapatkan skor IQ sekitar 23,9. Mungkin inilah alasan mengapa Siri salah menyebut Despacito sebagai lagu kebangsaan Bulgaria.

[Baca juga: Upss! Siri Sebut “Despacito” adalah Lagu Kebangsaan Bulgaria]

Akan tetapi, AI diprediksi akan terus berkembang dan akan melebihi kemampuan manusia. Oleh karena itulah, beberapa petinggi perusahaan teknologi, seperti Elon Musk dan lainnya mewanti-wanti pemerintah untuk membatasi perkembangan AI. [NC/HBS]

SourceUbergizmo

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI