Setelah 20 Tahun, Aplikasi Chatting AIM Dipensiunkan

Telset.id, Jakarta – Bagi Anda yang besar di akhir tahun 90-an, pasti sangat mengenal American Instan Messenger atau biasa disingkat AIM. Aplikasi chatting AIM sempat populer bersama nama-nama besar lainnya, seperti Yahoo Messenger (YM), MSN, mIRC, dan lain. Sayangnya, nasib AIM tak lama lagi akan segera berakhir,

Ya, aplikasi chatting tertua di Internet ini akan dipensiunkan. Kabar mengejutkan ini diungkapkan oleh pihak OATH — perusahaan induk dari AIM — di laman resmi mereka. OATH mengumumkan layanan tersebut akan berakhir pada 15 Desember mendatang.

[Baca juga: Makin Banyak Laporan Baterai iPhone 8 Plus Bermasalah]

“AIM memanfaatkan teknologi digital baru dan memicu perubahan budaya, namun cara kita berkomunikasi satu sama lain telah berubah secara mendalam,” ujar Product VP Oath Michael Albers, seperti dikutip dari laman The Verge.

Sebenarnya, AIM sudah melakukan berbagai cara untuk mempertahankan layanan mereka, seperti mengembangkan aplikasi untuk Android dan iOS. Namun semakin banyaknya aplikasi chatting modern, membuat nama AIM semakin tenggelam dan tak banyak lagi orang yang mau menggunakan layanan chatting ini.

Selain AIM, beberapa aplikasi chatting “jadul” juga mengalami nasib yang sama. Dua aplikasi instant messenger yang dulu sangat populer bahkan telah lebih dulu tutup buku. Yaitu MSN yang resmi dipensiunkan pada 2014, dan Yahoo Messenger di pertengahan tahun ini.

[Baca juga: Selamat Tinggal Yahoo Messenger!]

Perkembangan teknologi yang sangat cepat telah melahirkan banyak aplikasi chatting dengan tampilan yang lebih modern dan fitur-fitur kekinian. Sebut saja seperti WhatsApp, BBM, LINE, Facebook Messenger, dll, telah menjadi raja-raja baru di era milenials ini.

Well, zaman telah berganti, dan selera pengguna pun telah berubah. Tak ada yang aneh dengan fenomena ini, karena perkembangan zaman akan diikuti lompatan teknologi dan tren baru di masyarakat. So, selamat tinggal AIM.. [NC/HBS]

 

 

SourceThe Verge

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI