CEO Xiaomi: Kami Tentukan Arah Desain Smartphone

Telset.id, Jakarta –  Founder sekaligus CEO Xiaomi, Lei Jun menyambangi Indonesia untuk pertama kalinya. Selain membeberkan seperti apa perusahaannya, Lei Jun juga berbicara soal dua smartphone andalannya, Mi Mix dan Mi Mix 2.

“Soal desain, dalam 10 tahun belakangan bentuk smartphone rasanya tidak begitu berbeda jauh,” kata Lei Jun di acara The Xiaomi Way of Innovation di Hotel Ritz Carlton Jakarta, Rabu (27/09/2017).

Menurutnya desain smartphone saat ini terbilang “mainstream“, karena mengikuti desain iPhone yang dicetuskan oleh Apple pada 10 tahun yang lalu. Saat itu, iPhone yang pertama kali diumumkan langsung oleh mendiang Steve Jobs pada 2007 silam mendapatkan penghargaan IDEA Gold Award.

[Baca juga: Xiaomi Mi Mix 2 Resmi Diperkenalkan, Lebih Kecil Tapi Powerful]

Ya, saat itu desain iPhone boleh dibilang revolusioner dan menjadi arah baru bagi desain smartphone saat itu, karena mengadopsi desain full layar sentuh dengan satu tombol Home di bagian bawahnya yang jadi ciri khas iPhone.

Namun kini, menurut Lei Jun, desain smartphone sudah mulai berubah. Perubahan ini dimulai oleh Xiaomi Mi Mix yang mengadopsi desain borderless untuk pertama kalinya, yang kemudian berlanjut pada penerusnya,  Mi Mix 2 yang juga mendapatkan penghargaan IDEA Gold Award.

“IDEA adalah penghargaan dalam hal desain yang paling berpengaruh. Mereka memperhatikan inovasi dalam hal desain yang paling berpengaruh di industri,” klaim Lei Jun.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa Mi Mix dianggap sebagai smartphone yang menentukan arah dari desain smartphone masa kini, maka smartphone tersebut juga disimpan sebagai pajangan di Museum Nasional Finlandia.

[Baca juga: Punya Empat Varian, Ini Harga Xiaomi Mi Mix 2]

“Di bulan ini Mi Mix jadi salah satu pajangan di Museum nasional Finlandia karena menentukan arah dari desain smartphone di masa depan,” ucap pria yang dijuluki Steve Jobs dari China itu dengan bangga.

Xiaomi Mi Mix sendiri memiliki layar berukuran 6,4 inch dengan rasio 18:9. Sedangkan penerusnya yakni Mi Mix 2 memiliki layar yang lebih kecil yakni 5,99 inch dengan aspek rasio yang sama.

Hal yang membuat keduanya semakin berbeda adalah penggunaan bahan dasar keramik premium yang membalut hampir keseluruhan body smartphone tersebut. (FHP/HBS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI