Dari iPhone 8 Langsung iPhone X, Kemana iPhone 9?

Telset.id, Jakarta – Kemarin Apple baru saja meluncuran tiga jagoan terbaru mereka, yakni iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X. Namun ternyata, banyak orang yang bingung dengan keputusan yang diambil Apple mengenai penamaan produk terbaru mereka tersebut.

Hal ini dikarenakan Apple melewati satu angka, yakni angka 9. Mereka memilih langsung loncat dari iPhone 8 ke iPhone X atau disebut juga ‘iPhone Ten’. Lalu kenapa Apple tidak menggunakan nama iPhone 9?

Sebenarnya, hal ini bukan pertama kalinya Apple meloncati sebuah nomor dalam penamaan produk iPhone. Contoh saja, setelah meluncurkan iPhone Original pada 2007, perusahaan yang berasal dari Cupertino tersebut memberikan nama iPhone 3G pada perangkat iPhone selanjutnya.

[Baca juga: Bawa “Angka Hoki”, Bisakah iPhone 8 Taklukkan Tiongkok?]

Meskipun penamaan ini dikarenakan menandakan hadirnya fitur 3G di perangkat iPhone, namun CEO Apple kala itu, Steve Jobs malah melanjutkan penamaan iPhone dimulai dari angka 3.

Mengutip dari laman The Verge, selain Apple, beberapa perusahaan teknologi lain juga melakukan hal tersebut. Contoh saja Samsung, yang meloncati angka 7 dari seri Galaxy Note mereka.

Ada juga Microsoft yang sama-sama meloncati angka 9 pada produknya seperti Apple. Setelah meluncurkan Windows 8 dan Windows 8.1, mereka langsung memberikan nama Windows 10 ke sistem operasi terbaru mereka.

Pihak Microsoft menjelaskan bahwa strategi ini dilakukan agar para pengguna Windows 7 untuk beralih ke Windows 10 dikarenakan merasa sudah ketinggalan beberapa generasi. Akan tetapi, strategi ini nampaknya kurang berhasil.

Seri ‘S’ Pun Turut Menghilang

Selain angka 9, ada satu seri yang menghilang dari peluncuran iPhone X pada 12 September  lalu, yakni seri ‘S’. Padahal, sudah seperti tradisi bahwa perusahaan teknologi yang bermarkas di Cupertino ini meluncurkan seri ‘S’ setiap dua tahun sekali.

[Baca juga: Sah! Apple Pangkas Harga iPhone Lawas]

Tren ini dimulai saat mendiang Steve Jobs memperkenalkan iPhone 3Gs pada Oktober 2009 silam. Kala itu, Apple memberikan ‘sedikit’ tenaga ekstra di perangkat tersebut, namun masih memakai baju yang sama.

Meskipun dianggap sedikit membingungkan, para Apple Fan Boy — penggemar setia perangkat Apple —  tetap menyerbu perangkat tersebut. [NC/HBS]

SourceThe Verge

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI