Rilis iPhone 8, Akankah Apple Pangkas Harga iPhone 7?

Telset.id, Jakarta – Sudah menjadi tradisi, setiap ada seri iPhone terbaru, Apple akan memangkas harga iPhone generasi sebelumnya. Lantas, apakah tradisi ini juga masih dijalankan Apple saat merilis iPhone 8?

Jika kita melihat tradisi sebelumnya, Apple akan memangkas harga perangkat lamanya saat seminggu sebelum acara peluncuran. Khusus untuk iPhone, Apple biasanya akan memangkas harga seri iPhone sebelumnya sebesar USD 100 atau sekitar Rp 1,3 juta.

[Baca juga: Ternyata, iPhone Milik Donald Trump Tidak Ada Browser]

Ini berarti iPhone 7 akan dijual pada kisaran harga USD 549 atau sekitar Rp 7,3 juta, dari sebelumnya seharga USD 649 atau Rp 8,6 juta. Sedangkan iPhone 7 Plus akan dibanderol seharga USD 669 atau sekitar Rp 8,9 juta, dari sebelumnya seharga USD 769 atau Rp 10,2 juta.

Namun sepertinya tahun ini Apple tidak menjalankan tradisinya tersebut. Karena hingga saat ini belum ada laporan tentang perubahan harga iPhone versi lawas. Padahal, iPhone 8 dikabarkan akan diumumkan pada 12 September, yang berarti hanya kurang dari 7 hari lagi. Lalu, apa penyebabnya?

Seperti tim Telset.id kutip dari laman CNET, salah satu variabel yang menjadi perhatian adalah kenyataan bahwa iPhone 8 adalah iPhone edisi khusus yang dibuat untuk meyambut satu dekade kehadiran iPhone.

Selain itu, harga yang ditawarkan oleh Apple pun tidak seperti versi sebelumnya, karena akan dipatok lebih mahal. Menurut rumor yang beredar, iPhone 8 akan dibanderol seharga USD 999 atau sekitar Rp 13 juta. Harga tersebut jauh lebih mahal dibandingkan seri iPhone manapun.

[Baca juga: Jadi Atlet eSport, Bocah Ini Digaji Rp 2 Miliar]

Kedua hal tersebut juga mengindikasikan jika Apple tidak akan meluncurkan varian ‘S’ dari iPhone 7. Karena, jika Apple meluncurkan iPhone 7S dan 7S Plus, maka akan ada di kisaran harga USD 649 atau Rp 8,6 juta dan USD 769 atau sekitar Rp 10,2 juta. Itu berarti akan secara otomatis memaksa Apple menurunkan harga jual dari iPhone 7 dan 7 Plus.

Namun semua prediksi tersebut masih belum bisa dipastikan keakuratannya. Kini, kita hanya bisa menunggu kepastiannya saat Apple merilis iPhone 8 pada 12 September mendatang. Apakah Apple masih akan melanjutkan tradisinya? Kita tunggu saja. [NC/HBS]

SourceCNET

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI