Tips Amankan Data Menggunakan Kata Kunci

Telset.id, Jakarta – Dewasa ini kasus kehilangan data menjadi perhatian banyak orang. Mulai dari kasus pencurian data oleh peretas, pencurian perangkat komputer atau ponsel pintar, atau bahkan sesimpel kehilangan sebuah flashdisk yang berisi data penting.

Nah, jika Anda khawatir dengan masalah tersebut, kini jangan merasa panik lagi. Pasalnya, tim Telset.id memiliki cara mengamankan data penting saat Anda kehilangan perangkat atau data Anda dicuri oleh orang lain.

Caranya adalah dengan memberikan kata kunci kepada sebuah file yang merupakan file dokumen seperti Microsoft Word, Excel, Power Point, dan lainnya. caranya pun mudah, tanpa harus memasang aplikasi tambahan.

Untuk melakukan langkah pengamanan ini, Anda bisa membuka file yang ingin diberikan kata sandi, lalu pilih menu File, lalu pilih Info. Setelah tab Info terbuka, akan muncul pilihan Protect Document, kemudian klik.

Nantinya, akan muncul menu dropdown yang terdapat pilihan Encrypt With Password, klik pilihan tersebut.

Kemudian, akan muncul tab baru yang disertai dengan kolom pengisian kata sandi. Pilih kata sandi yang cukup kuat dan tentunya mudah untuk diingat. Setelah selesai, pilih OK. Setelah itu, jangan lupa simpan file yang telah diberikan kata kunci tersebut.

Nah, dengan melakukan hal tersebut, saat seseorang ingin membuka file tersebut, harus menggunakan kata sandi yang telah dibuat sebelumnya. Jadi, jika Anda kehilangan data tersebut, tidak sembarang orang dapat mengakses dikarenakan tidak memiliki kata kuncinya. Selamat mencoba! [NC/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here